Fraksi Gerindra Panggil Sodik Mudjahid Soal RUU Ketahanan Keluarga

Oleh: Haris Prabowo - 21 Februari 2020
Sodik akan dipanggil Fraksi Partai Gerindra di DPR RI, hari ini Jumat (21/2/2020) untuk dimintai klarifikasinya sebagai salah satu pengusul RUU Ketahanan Keluarga.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan fraksinya akan memanggil Sodik Mujahid sebagai salah satu pengusul RUU Ketahanan Keluarga. Sodik yang juga anggota Komisi II DPR RI akan dipanggil Fraksi Partai Gerindra di DPR RI, hari ini (21/2/2020) untuk dimintai klarifikasinya terkait usulan RUU Ketahanan Keluarga.

"Ada rencana dari fraksi meminta klarifikasi dari salah satu anggota Gerindra yang menjadi pengusul RUU tersebut, untuk meminta klarifikasi dari Pak Sodik sebagai pengusul," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Ia mengatakan fraksi Partai Gerindra sedang mengkaji isi RUU Ketahanan Keluarga yang sedang ramai dibahas publik dan menuai kontroversi.

"Itu bisa kita dapati dari banyaknya pendapat yang mengajukan masukan ke DPR maupun di media sosial. Tentunya ini harus menjadi perhatian lebih besar bagi kami sebelum kemudian melakukan pembahasan lebih lanjut terhadap RUU tersebut," katanya.

Menurut Dasco, fraksinya tak bisa memutuskan untuk mencabut dukungan karena secara resmi fraksi tak pernah mengusulkan RUU tersebut. Sodik, kata Dasco bertindak secara pribadi dalam mengusulkan RUU ini bersama empat pengusul lainnya yakni Netty Prasetiyani dan Ledia Hanifa dari Fraksi PKS, Endang Maria Astuti dari Fraksi Partai Golkar, serta Ali Taher dari Fraksi PAN.

Bahkan, menurut Wakil Ketua DPR ini sebagian besar anggota Fraksi Gerindra tak mendukung RUU Ketahanan Keluarga ini. Sehingga, nantinya fraksi akan mengambil sikap terkait RUU Ketahanan Keluarga ini yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2020.

"Sehingga pada saat ini kami tidak bisa menyatakan mencabut dukungan apa pun karena kami tidak pernah menjadi pengusul secara fraksi," katanya.


Baca juga artikel terkait RUU KETAHANAN KELUARGA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Bayu Septianto
DarkLight