Foto Telur Patahkan Rekor Like Terbanyak Kylie Jenner di Instagram

Oleh: Isma Swastiningrum - 15 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Foto "Telur" yang diunggah oleh akun Instagram @world_record_egg pada 5 Januari lalu, mendapat tanda suka terbanyak yaitu 38,9 juta.
tirto.id - Akun Instagram dengan nama @world_record_egg mengunggah foto telur ayam betina dan memenangkan Most Liked Image on Instagram.

Hingga Selasa (15/1/2019), foto telur tersebut telah mendapatkan lebih dari 38,9 juta tanda suka.

Unggahan itu mengalahkan rekor Kylie Jenner, yang pada 7 Februari 2018 lalu mendapatkan suka sebanyak 18 juta, lewat unggahan foto kelahiran anak perempuannya bernama Stormi Webster.

Unggahan foto telur itu diberi keterangan, "Mari buat rekor dunia bersama-sama dan mendapatkan posting paling disukai di Instagram. Mengalahkan rekor dunia terbaru yang dipegang Kylie Jenner (18 juta [suka])! Kami memperolehnya.

Laman resmi Guinness World Records melaporkan, akun anonim Egg Gang (Geng Terlur) merespons pencapaian itu lewat Stories Instagramnya dengan ungkapan:

“Ini gila. Waktu yang tepat untuk hidup. Terima kasih banyak untuk semua dukungan dan pesan-pesannya. Saya akan mencoba dan kembali kepada Anda sesegera mungkin. Namun sekarang saya butuh istrirahat. Ini tidak berakhir di sini, kami hanya baru saja memulai. #EggGang Mic drop.”

Kylie Jenner menanggapi itu dengan tenang. Dia mengunggah ulang video lama tentang usahanya menggoreng telur di jalanan aspal panas dengan keterangan: “Ambil telur kecil itu.”

Terkait rekor tersebut, Washington Post langsung menghubungi pengelola “Geng Telur” guna mendapat penjelasan. Pengelolanya adalah seseorang yang tinggal di London.

Dia kepikiran membuat unggahan telur pada Jumat (4/1/2019), setelah membaca sebuah artikel daring tentang 20 postingan Instagram teratas tahun 2018.

Awalnya, pencapaian tersebut susah dicapai. Pada hari Selasa (8/1/2019) baru mencapai 10.000 suka. Kemudian, seseorang anonim mencoba membantu mewujudkan misi tersebut.

Lewat bantuan dari “belakang layar” itu, selain mendapat lebih dari 38 juta suka, serta lebih dari satu juta komentar.

Pengelola Geng Telur menjelaskan, dipilihnya simbol telur sebagai penggambaran tentang budaya selebritas yang sangat rapuh dan mudah retak.

Ini menjadi sesuatu yang mendasar untuk mengalahkan rekor-rekor yang dibuat oleh para selebritas tersebut.

Bisa diartikan sebagai reaksi terhadap dominasi selebriti di media sosial. Semisal, Will Smith dan Justin Bieber mencetak rekor 1,5 juta suka pada tahun 2014, Kim Kardashian West dan Kanye West mendapat 2,4 suka lewat foto penikahan mereka. Disusul kemudian Kendall Jenner, Beyoncé Knowles-Carter, dan Kylie Jenner.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Isma Swastiningrum
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Isma Swastiningrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo