Format Baru Retweet di Twitter: Baca Konten Sebelum Bagikan

Oleh: Putri Avi Nursasi - 22 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Format baru retweet yang akan mengingatkan Anda untuk mengetahui konteks dan konten sebelum membagikan sebuah artikel.
tirto.id - Twitter mengubah cara pengguna memposting ulang cuitan orang lain atau “retweet” pada 21 Oktober 2020,

Dilansir dari Antara (Kamis, 22/10/2020) Hal itu diumumkan Twitter Indonesia melalui akun twitter resminya. “Akan ada perubahan sementara saat kamu mau melakukan Retweet,” cuit @TwitterID, Rabu malam (21/10/2020, 9:13 PM).

Saat mengklik tombol Retweet, para pengguna tidak lagi langsung mendapat pilihan untuk melakukan “Retweet” dan “Quote Twitter.” Pengguna harus memberikan konteks atau komentar pada cuitan yang ingin di-“retweet.”


Namun, jika tidak ada komentar yang ingin ditambahkan, pengguna masih bisa membiarkan kolom komentar kosong, dan melakukan “retweet” tanpa konteks tambahan.

Penjelasan tersebut juga disampaikan CEO Twitter Jack Dorsey, saat mengkomentari cuitan salah satu pengguna yang mengeluhkan hanya dapat melakukan “quote tweet.”

“Anda dapat melakukan retweet juga, kosongkan saja dan pencet tombol [re]tweet.” cuit @jack.

Perubahan tersebut tampaknya hanya berlaku pada penggunaan platform web Twitter. Pantauan Antara, baik aplikasi iOS dan Android untuk Twitter masih terdapat opsi “Retweet” dan “Quote Tweet.”

Twitter memang beberapa bulan yang lalu melakukan uji coba untuk lebih menonjolkan “Retweet dengan komentar.”

Dikutip dari The Verge, langkah ini dilakukan Twitter dengan harapan pengguna dapat mempertimbangkan dengan lebih baik apa yang mereka “retweet” atau mengambil kesempatan untuk menambahkan perspektif mereka sendiri.

Perubahan pada retweet bukanlah satu-satunya perbedaan yang mungkin Anda lihat pada halaman Twitter Anda hari ini. Twitter juga tidak akan menampilkan rekomendasi "disukai oleh" atau "diikuti oleh" dari orang yang tidak Anda ikuti, dan kotak tren hanya akan menampilkan tren dengan menyertakan konteks tambahan.

Seperti perubahan retweet, perubahan ini akan berlaku mulai hari ini hingga setidaknya setidaknya akhir pekan pemilu di Amerika Serikat, yang akan digelar pada awal November.

Cara untuk Retweet

Tweet yang disebarkan secara publik ke pengikut disebut sebagai Retweet. Ini merupakan cara yang bagus untuk meneruskan berita dan temuan menarik di Twitter. Para pengguna Twitter memiliki pilihan untuk menambahkan komentar dan/atau media sendiri sebelum menge-Retweet.

Berikut ini merupakan beberapa cara me-Retweet dari halaman Help.Twitter.com:

Dari Tweet yang ingin disebarkan:

  • Sentuh ikon Retweet
  • Dari tampilan pop-up, sentuh Retweet.

Cara Mengutip Tweet:

  • Sentuh ikon Retweet.
  • Sentuh Retweet sebagai Kutip Tweet.
  • Tambahkan komentar Anda sendiri. Para pengguna twitter juga memiliki pilihan untuk menyertakan media. Pilih antara satu GIF, foto maksimum 4, atau satu video.
  • Sentuh Retweet.

Cara membatalkan Retweet:

  • Ikon Retweet akan disorot.
  • Sentuh ikon Retweet.
  • Sentuh Batalkan Retweet untuk mengonfirmasi dan Tweet akan dihapus dari timeline profil Anda.


Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan menarik lainnya Putri Avi Nursasi
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Putri Avi Nursasi
Editor: Yantina Debora
DarkLight