tirto.id - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) membuka lowongan formasi CPNS 2019 untuk sejumlah sarjana S1 dan D3. Pada tahun ini, BPKP membuka penerimaan CPNS golongan II dan golongan III di lingkungan intansi tersebut.
Lowongan CPNS BPKP 2019 dibuka untuk penempatan pada sejumlah unit di kantor pusat lembaga ini. Selain itu, para pelamar yang lolos seleksi akan ditempatkan pada kantor perwakilan BPKP di beberapa provinsi, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan lainnya.
Adapun total jumlah lowongan CPNS BPKP 2019 tercatat sebanyak 160 formasi. Rinciannya: 138 formasi dibuka untuk pelamar umum, 16 formasi bagi pelamar cumlaude dan 4 formasi untuk pelamar kategori disabilitas. Sisanya, 2 formasi untuk pelamar kategori putra-putri Papua/Papua Barat.
Detail formasi CPNS BPKP 2019 dan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama
Pendidikan: S1 Psikologi Klinis, Psikologi Industri (10 formasi)
2. Pranata Komputer Ahli Pertama
Pendidikan: S1 Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi (25 formasi)
3. Pranata Komputer Pelaksana / Terampil
Pendidikan: D3 Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika (25 formasi)
4. Petugas Protokol
Pendidikan: D3 Komunikasi, Administrasi Negara, Administrasi Publik (8 formasi)
5. Sekretaris
Pendidikan: D3 Kesekretariatan (67 formasi)
6. Teknisi Listrik, Telepon, AC dan Lift
Pendidikan: D3 Elektro, Elektronika (25 formasi)
Persyaratan CPNS BPKP 2019
Terdapat sejumlah persyaratan umum dan persyaratan khusus yang diberlakukan dalam pendaftaran CPNS BPKP 2019. Detailnya ialah sebagaimana dipaparkan berikut ini.
A. Persyaratan Umum
Para pelamar lowongan formasi CPNS BPKP 2019 diharuskan memenuhi sejumlah persyaratan berikut ini.
1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan dan merupakan lulusan Perguruan Tinggi (PT):
a. Terakreditasi A/Unggul untuk PT dan Program Studi (Prodi) terakreditasi A/Unggul pada saat lulus yang dibuktikan dengan keterangan lulus “cumlaude”/“dengan pujian” pada ijazah atau transkrip nilai (bagi Pelamar formasi Cumlaude)
b. Terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat kelulusan
c. Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah disetarakan oleh Dikti bagi Pelamar yang merupaka lulusan Perguruan Tinggi di luar negeri.
3. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 32 tahun pada saat melamar;
4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau sedang menjalani pemeriksaan perkara pidana, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan akan diminta pada saat pemberkasan;
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Anggota Polri, Pegawai BUMN/BUMD/Swasta;
6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI
7. Sehat jasmani (kecuali bagi Pelamar Disabilitas) dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah (surat keterangan dokter akan diminta pada saat pemberkasan)
8. Tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) atau dokter rumah sakit pemerintah (surat keterangan akan diminta pada saat pemberkasan);
9. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
10. Bersedia menandatangani surat perjanjian wajib kerja dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
B. Persyaratan Khusus
1. Pelamar sejumlah formasi jabatan di bawah ini harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK):
- Assessor SDM Aparatur Pertama: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Pranata Komputer Pertama: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Pranata Komputer Pelaksana: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Petugas Protokol: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Sekretaris: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Teknisi Listrik, Telepon, AC, dan Lift: IPK minimal 2,75 dalam skala 4,00
- Pelamar Cumlaude: IPK minimal sesuai kebijakan setiap Perguruan Tinggi
Cara Pendaftaran dan Persyaratan Dokumen
Selain harus mendaftar melalui portal SSCASN BKN, pelamar formasi CPNS BPKP 2019 juga harus mengunggah sejumlah dokumen saat melakukan pendaftaran. Adapun alur pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Pendaftaran dilaksanakan secara daring melalui laman https://sscn.bkn.go.id dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) dimulai tanggal 13 November 2019 pukul 16.30 WIB s.d. tanggal 27 November 2019 pukul 16.30 WIB.
2. Peserta wajib mengisi kelengkapan formulir pendaftaran dan mengunggah kelengkapan dokumen persyaratan.
3. Setiap Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar untuk satu kategori formasi dan satu kategori jabatan.
4. Setelah melakukan pendaftaran daring dan mendapatkan nomor pendaftaran dari laman SSCN, Pelamar diharapkan mengunggah berkas lamaran melalui laman https://sscn.bkn.go.id paling lambat 24 jam setelah melakukan pendaftaran daring (untuk menghindari kegagalan pengunggahan data). Batas akhir unggah berkas tanggal 27 November 2019 pukul 16.30 WIB.
5. Berkas lamaran yang harus diunggah adalah hasil pemindaian dokumen asli dengan ketentuan sebagaimana berikut:
belakang merah (diambil dalam jangka waktu 6 bulan terakhir) (asli, bukan legalisir). Bagi lulusan PT luar negeri, ditambah dengan surat hasil penyetaraan ijazah dan nilai dari Dikti diunggah dalam satu file dengan ijazah yang dipersyaratkan (asli, bukan legalisir) a. Akta kelahiran / surat keterangan lahir dan surat keterangan dari Kepala Desa / Kepala Suku, yang digabung menjadi satu file (bagi pelamar formasi Putra / Putri Papua / Papua Barat); b. Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis / tingkat disabilitas (bagi pelamar formasi disabilitas); c. Surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude dari Dikti (Bagi lulusan PT luar negeri yang melamar formasi cumlaude).
Berkas Lamaran
Penamaan File
Surat lamaran
1Lamaran
Pas foto berwarna 4 x 6 dengan latar
2Foto
Kartu Tanda Penduduk elektronik
3KTP
Ijazah pendidikan yang dipersyaratkan
4Ijazah
Transkrip nilai dari ijazah pendidikan
5Transkrip
Surat Pernyataan
6Pernyataan
Dokumen pendukung lainnya:
7Dokumen_Lainnya
Sementara format atau contoh surat lamaran CPNS BPKP 2019 dan surat pernyataan CPNS BPKP 2019 dapat dilihat dengan mengklik link di berikut ini.
Format Surat Lamaran CPNS 2019 di BPKP
Format Surat Pernyataan CPNS 2019 di BPKP
Adapun informasi lebih lengkap mengenai penerimaan CPNS BPKP 2019 bisa dilihat melalui link di bawah ini.
Rincian Formasi CPNS BPKP 2019
Editor: Agung DH