Ford Kembali ke Indonesia, Ini Spesifikasi Ranger Raptor X Terbaru

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 10 Agu 2022 15:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Spesifikasi Ford Ranger Raptor X yang kembali masuk ke Indonesia.
tirto.id - Ford Motor Company, produsen mobil asal Amerika Serikat, kembali menyuplai pruduknya ke negara Indonesia. Pada tahun 2022, bersama RMA Indonesia, Ford meluncurkan beberapa produk yang akan dipasarkan di Indonesia, yakni salah satunya adalah Ford Ranger Raptor X.

Berdasarkan keterangan yang tertulis di situs Mahindra, RMA Indonesia telah mendapatkan tugas dari Ford sejak 2016—kala itu Ford sedang mengalami kemunduran sehingga kegiatan distribusi produknya berhenti.

Tugas RMA Indonesia kala itu adalah melakukan purna jual perawatan dan perbaikan mobil bermerk Ford di Indonesia. Selain itu, juga ditugaskan untuk memberikan stok pelayanan suku cadang orisinil Ford, memberikan pelatihan kepada teknisi, dan menediakan layanan “Emergency Roadside Assistance” (berlaku 24 jam).


Melalui situs resmi perusahaan Ford Indonesia, diterangkan bahwa produk mobil Ford baru akan muncul kembali di Indonesia. Mobil tersebut diberi nama Ford Ranger Raptor X dan rencananya akan disuplai langsung ke Indonesia dari RMA di Thailand.

Lantas, apa spesifikasi mobil keluaran Ford tersebut?


Spesifikasi Ford Ranger Raptor X


Seperti yang diungkapkan Muhammad Irvan Mustafa, Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia. Ford kembali masuk ke Indonesia dan akan lebih fokus pada segmen SUV dan double cabin.

Sejalan dengan perkataan tersebut, Ford Ranger Raptor X termasuk salah satunya. Ford Ranger Raptor X ini punya kemampuan tenaga mulai dari 213 PS di 3.750 RPM serta torsi menembus 500 Nm di putaran 1.750 sampai dengan 2.000 RPM.

Selain itu, produk ini dilengkapi dengan mesin Diesel 2.000 cc, 4 silinder sebaris Bi Turbo serta dibekali Intercooler. Mesin ini diklaim sudah masuk dalam kategori “Standar Euro 4” dengan memanfaatkan bahan bakar minimal B20 (Biodiesel B20). Sedangkan terkait tangkinya, mampu menampung sebanyak 80 liter.

Dari segi desain, Ford Ranger Raptor X menggunakan Raptor grill. Lalu, suspensi dilengkapi dengan Shockbreaker “Fox Racing Shock absorber 2,5 inci". Pada bagian depan, suspensinya diatur dengan model aluminum double wishbone.

Bagian belakang mobil ini menggunakan desain sok coil-over. Lalu, pelek yang digunakan diameternya berukuran 17 inci dengan ban berukuran 285/70.


Selain desain luar mobil, terdapat juga desain interior di mana terdapat material kulit premium yang membungkus jok. Di bagian tengah dashboard, terdapat sistem infotainment berupa “head unit 8 inci touch screen SYNC Gen3”, 3 colokan USB, serta 6 buah pengeras suara.

Fitur keselamatan pun tidak luput dari perhatian produk Ford Ranger Raptor X. Di dalam mobil ini terdapat 6 Airbags, Autonomous Emergency Braking, Collison Mitigation System, dan Lane Keeping Aid.

Selan itu, ada juga fitur pendukung berupa Dual Zone AC, Steering Switch Control, Keyless Entry, dan Push Button Start. Berikut ini spesifikasi lengkapnya:
  • Mesin: Diesel 2.000 cc 4 silinder Bi-Turbo 2.0 dengan Intercooler
  • Tenaga: 213 PS di 3.750 RPM dan torsi 500 Nm di putaran 1.750—2.000 RPM
  • Tangki dan Bahan bakar: Kapasitas 80 liter dengan bahan bakar minimal Biodiesel B20
  • Ukuran: Panjang 5.434 mm, lebar 2.035 mm, tinggi 1.873 mm, dan ground clearance 281 mm
  • Shockbreaker: Fox Racing Shock Absorber 2,5 inci
  • Desain shock: depan model Aluminum double Wishbone dan belakang Sock Coil-over
  • Pelek dan ban: diameter 17 inci dengan ban 285/70
  • Interior: Jok berlapis kulit, Touch screen SYNC Gen 3, 3 Penghubung USB, dan 6 Pengeras Suara
  • Keselamatan: 6 Airbags, Autonomous Emergency Braking, Collison Mitigation System, Lane Keeping Aid
  • Pendukung: Dual Zone AC, Steering Switch Control, Keyless Entry, dan Tombol Push Button Start
Rencananya Ford Ranger Raptor X akan dibawa ke Indonesia bersama beberapa variasi produk lain, yakni Ford Ranger Wildtrak, Ford Everest 4x2, Ford Everest 4x4, Ford Ranger XLT, dan Ford Ranger XL.

Selain itu, informasi pemasarannya di Thailand berkisar harga 1.729.000 Baht Thailand atau setara dengan Rp743,2 juta. Pilihan warna yang tersedia mulai dari putih, abu-abu, hitam, hingga biru.


Baca juga artikel terkait FORD INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight