Foo Fighters Merilis Mini Album Roswell

Oleh: Alexander Haryanto - 23 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Foo Fighters merilis sebuah mini album yang berisi penampilan mereka di Roswell.
tirto.id - Foo Fighters merilis sebuah mini album yang berisi penampilan mereka di Roswell atau "Live At Roswell". Dalam mini album ini berisi beberapa lagu seperti "In Your Honour", "Stacked Actors", "Free Me" dan "Monkey Wrench".

Seperti dilansir Antara dari NME, mini album ini sekaligus menandai hari berburu makhluk asing (alien) di Area 51 atau yang disebut dengan "Area 51 raid day".

Foo Fighters pada 2005 lalu, memang sempat membuat pertunjukkan di Markas Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Roswell, New Mexico.

Tempat ini tak jauh dari situs yang dikabarkan menjadi tempat terjadinya kecelakaan benda terbang tidak dikenal (UFO), yang dikenal pula sebagai piring terbang.

Ada kurang lebih 500 orang yang mendatangi pertunjukkan itu karena berhasil menjadi pemenang dari kompetisi di perilisan album kelima Foo Fighters "In Your Honor".

Foo Fighters adalah band bentukan drumer Nirvana Dave Ghorl usai kematian sang vokalis Kurt Cobain. Pada masa awal, kehadiran Foo Fighters diragukan oleh banyak orang dan banyak pula yang membandingkan dengan Nirvana.

Namun, band ini berkembang besar. Bahkan melebihi dugaan Grohl sendiri. Mereka punya 8 album studio. Mendapat total 11 penghargaan Grammy dan berbagai penghargaan lain. Foo menyabet 4 penghargaan Grammy untuk Album Rock Terbaik, lebih banyak dari band lain.


Pada Agustus lalu, Dave Grohl membuat sebuah proyek musik instrumental berjudul "PLAY" yang akan dirilis pada 10 Agustus mendatang. Instrumental yang berdurasi 23 menit ini terinspirasi dari pelajaran musik anak-anaknya.

Dalam proyek itu, Dave Grohl membuat tantangan baru dengan memainkan tujuh instrumen secara langsung, seperti gitar, drum, perkusi dan keyboard. Berbeda dengan karya-karya lainnya, ia tidak memasukan vokal ke dalam musik tersebut.

Menariknya, Dave Grohl juga melakukan proses take dari awal hingga akhir, apabila di tengah-tengah proses ia melakukan kesalahan, maka ia akan kembali mulai merekam dari awal, sehingga membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Ia mengatakan, proyek instrumentalnya ini datang setelah menonton anak-anaknya, Violet (12) dan Harper (9) di kelas musik. Saat itu Dave Grohl menyaksikan mereka berlatih secara berulang-ulang agar bisa memainkan lagu secara sempurna.




Baca juga artikel terkait FOO FIGHTERS atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight