Flip Duduki Peringkat Pertama Top Startups List 2022 LinkedIn

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 1 Okt 2022 07:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Flip kembali masuk Top Startups List 2022 LinkedIn dan ada di peringkat pertama.
tirto.id - Flip, perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi di Indonesia kembali terpilih menjadi salah satu dari 15 startup di Indonesia Top Startups List 2022 LinkedIn.

Tahun ini, Flip berhasil menduduki posisi teratas, naik peringkat dibandingkan tahun 2021. Sebelumnya, Flip berada di posisi kelima pada Top Startups 2021. Flip memperoleh pengakuan ini selama dua tahun berturut-turut.

Pemilihan 15 startup oleh LinkedIn meliputi empat pilar, yaitu pertumbuhan jumlah karyawan, minat pencari kerja, interaksi anggota dengan perusahaan dan karyawannya, dan seberapa baik kemampuan perusahaan menarik karyawan berbakat dari perusahaan-perusahaan terbaik.

Tahun 2022 ini, LinkedIn memiliki ratusan daftar startup yang dipertimbangkan menjadi kandidat top startups di Indonesia.

Sementara periode waktu dari metodologi ini adalah 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022.

Perusahaan-perusahaan yang terpilih merupakan perusahaan independen yang memiliki setidaknya 30 karyawan tetap, beroperasi selama 7 tahun atau kurang, serta memiliki kantor operasional di Indonesia.

“Kami bersyukur dan bangga atas terpilihnya Flip untuk kedua kalinya dalam Top Startups List dari LinkedIn di mana tahun ini berada di peringkat pertama. Hal ini sebagai salah satu pembuktian dari pihak eksternal atas upaya kami menciptakan lingkungan kerja terbaik bagi talenta-talenta terbaik,” ujar Rendhy Ardya, Head of People Flip melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Jumat (30/9/2022).

Rendhy mengatakan, daftar ini ditujukan untuk para pencari kerja yang tertarik dengan pekerjaan yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk berinovasi, menyelesaikan masalah dan tantangan yang besar serta mengembangkan skill dan talenta mereka.

“Seiring dengan pertumbuhan Flip yang semakin besar, kini kami memulai membangun nilai-nilai perusahaan yang lebih komprehensif, yaitu fairness, customer love, integrity, introspective, dan ownership," imbuh Rendhy.

Untuk mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman bagi siapa pun, lanjut Rendhy, pihaknya juga terus berupaya menerapkan prinsip-prinsip diversity (keragaman), equity (kesetaraan), dan inclusion (inklusi) sebagai landasan dalam membangun organisasi di Flip.

Flip didirikan oleh alumni Universitas Indonesia; Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhin, yang mulai membangun perusahaan ini sambil kuliah pada 2015.

Pada Juni 2022, Flip mengumumkan pendanaan Seri B Putaran Kedua yang dipimpin oleh Tencent dengan partisipasi dari Block, Inc. (sebelumnya bernama Square, Inc.) dan investor pendahulu (existing), Insight Partners.

Sejumlah investor global terkemuka ikut serta dalam putaran ini, termasuk Guillaume Pousaz, Pendiri & CEO Checkout.com, melalui Zinal Growth; Gokul Rajaram, Executive di Doordash dan Board Member di CoinBase dan Pinterest; dan Michael Vaughan, mantan Chief Operating Officer (COO) Venmo.

Pendanaan baru ini membawa total Seri B Flip menjadi lebih dari 100 juta dolar. Sebelumnya, Flip menerima pendanaan Seri B Putaran Pertama pada Desember 2021 yang dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Flip bertekad menjadi perusahaan penyedia jasa pembayaran berbasis teknologi yang fokus terhadap pelanggan dengan membantu individu dan bisnis melakukan transaksi keuangan secara adil (fair) dari mana saja untuk siapa saja melalui platform digital.

Beberapa produk Flip adalah layanan pembayaran P2P (peer-to-peer) online dengan transfer antarbank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang internasional (Flip Globe) ke lebih dari 45 negara, isi ulang atau top-up e-wallet, pembelian produk digital (pulsa, paket data, tagihan listrik, dan token listrik), dan solusi untuk bisnis/perusahaan (Flip for Business).


Baca juga artikel terkait FLIP atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Dhita Koesno
Editor: Dhita Koesno

DarkLight