Fitur PeduliLindungi Bakal Ada di Gojek, Tokopedia hingga Traveloka

Oleh: Irwan Syambudi - 24 September 2021
Fitur aplikasi PeduliLindungi nantinya akan tersedia di platform digital lainnya mulai dari Gojek, Tokopedia hingga Traveloka.
tirto.id - Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan fitur aplikasi PeduliLindungi nantinya akan tersedia di platform digital lainnya mulai dari Gojek, Tokopedia hingga Traveloka. Sehingga bagi masyarakat yang tak menginstal PeduliLindungi tetap bisa menggunakan fiturnya di aplikasi lain.

"Kami saat ini sudah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan platform digital seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, dan bahkan dengan Pemerintah DKI Jakarta yaitu dengan [aplikasi] Jaki," kata Setiaji dalam diskusi daring, Jumat (24/9/2021).

Masyarakat yang selama ini mengeluhkan tak bisa menginstal aplikasi PeduliLindungi lantaran keterbatasan memori penyimpanan atau terhambat dengan performa ponsel, maka masih tetap dapat menggunakan fiturnya di aplikasi lain yang selama ini paling banyak digunakan.

"Jadi tidak harus menggunakan PeduliLindungi, tetapi Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi. Kita akan launching di bulan Oktober," kata Setiaji.

Dalam paparannya, Setiaji menunjukkan selain bakal bisa digunakan di aplikasi Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, dan Jaki. Nantinya PeduliLindungi juga dapat digunakan di aplikasi Tiket.com, Dana, CinemaXXI, Livin Bank Mandiri, dan LinkAja.

Namun memang kata Setiaji saat ini masih dilakukan koordinasi dan kolaborasi untuk menentukan model penggunaan PeduliLindungi di sejumlah aplikasi tersebut.

Setiaji mengatakan saat ini pengguna PeduliLindungi sudah mencapai 9 juta. Sedangkan yang sudah mengunduh aplikasi tersebut sudah ada 48 juta.



Baca juga artikel terkait PEDULILINDUNGI atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Maya Saputri
DarkLight