Fitur Hum to Search Google : Cara Cari Lagu dengan Bersenandung

Oleh: Septiany Amanda - 21 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru Hum to Search telah tersedia di aplikasi Google baik itu di iOS maupun Android, atau Assisten Google dan Google Search.
tirto.id - Google belum lama ini telah menambah fitur baru bernama “Hum to Search” agar penggunanya bisa mencari lagu dengan bersenandung. Fitur mencari lagu dengan bersenandung ini bisa mengenali sumber suara, termasuk nyanyian manusia, senandung, siulan dan rekaman di studio.

"Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna," kata Manajer Produk Senior Google Search Krishna Kumar, sebagaimana dikutip dari Antara.

The Verge melansir fitur baru Hum to Search telah tersedia di aplikasi Google baik itu di iOS maupun Android, atau Assisten Google dan Google Search. Fitur baru ini hadir dalam bahasa Inggris di iOS dan lebih dari 20 bahasa di Android.

Sebelum menggunakan fitur mencari lagu dengan bersenandung ini, pengguna harus menggunakan Google Search dan Google Assistant versi terbaru.

Berikut ini panduan cara mencari lagu dengan bersenandung menggunakan Google Search dan Google Assistant yang dipaparkan dalam blog resmi Google.

Cara mencari lagu dengan bersenandung melalui Google Search:

  1. Buka aplikasi Google Search
  2. Ketuk ikon mikrofon di bar pencarian
  3. Ucapkan "what is this song" atau ketuk "search for a song"
  4. Bersenandung seperti "lalala" atau "dududu" selama 10 hingga 15 detik

Cara mencari lagu dengan bersenandung melalui Google Assistant:

  1. Klik tombol pada layar utama atau ucapkan "Ok Google" atau "Hai Google"
  2. Ucapkan "Hey Google, what is this song"
  3. Bersenandung seperti "lalala" atau "dududu" selama 10 hingga 15 detik

Pengguna tidak perlu bersenandung dengan nada yang sempurna untuk menggunakan fitur ini. Setelah pengguna selesai bersenandung, Google akan membantu mengidentifikasi kemungkinan kecocokan lagu.

Google akan menunjukkan kepada pengguna beberapa pilihan yang paling mungkin mendekati berdasarkan lagunya.

Kemudian, pengguna bisa memilih yang paling cocok dan menjelajahi informasi tentang lagu dan artis. Pengguna juga bisa melihat video musik yang menyertainya atau mendengarkan lagu di aplikasi musik favorit. Mereka juga dapat menemukan liriknya, membaca analisis, dan bahkan melihat rekaman lagu lainnya jika tersedia.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Septiany Amanda
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Ibnu Azis
DarkLight