Fitur Baru WhatApp, Satu Akun Bisa Dijalankan di Beberapa Perangkat

Oleh: Maria Nanda Ayu Saputri - 11 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru yang segera dirilis WhatAapp yaitu satu akun WA yang bisa dijalankan di beberapa perangkat.
tirto.id - WhatsApp tengah mempersiapkan fitur baru yakni menyinkronkan riwayat obrolan di seluruh platform atau memungkinkan pengguna menggunakan akun yang sama di beberapa perangkat.

Fitur baru ini menjadi salah satu yang telah dinantikan oleh pengguna WhatAapp. Menurut Whatsapp, ini adalah salah satu fitur yang paling rumit untuk dikembangkan, dikutip dari Antara

Rumit bukan berarti permintaan pengguna tidak dikabulkan. WhatsApp kini sedang menguji fitur tersebut agar bisa bekerja dengan empat perangkat pada saat bersamaan. WhatsApp sudah bekerja untuk membuat antarmuka di aplikasi Android dan di WhatsApp untuk iOS.

Saat pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat kedua, ada kebutuhan untuk menyalin riwayat obrolan. Dalam hal ini WhatsApp selalu memerlukan koneksi Wi-Fi, karena jika menggunakan koneksi seluler akan menyedot kuota dalam jumlah besar.

Pengujian Fitur Baru WhatsApp

Diwartakan WaBetaInfo, dalam pengujian fitur ini, Whatsapp menggunakan WhatsApp Dekstop yang akan berfungsi juga pada perangkat seluler kedua.

Dengan menggunakan fitur ini, tidak memerlukan koneksi internet pada perangkat untuk menggunakan WhatsApp Desktop.

Ketika WhatsApp telah menyalin riwayat obrolan dengan aman ke perangkat kedua, akun Anda akhirnya dapat digunakan.

Perhatikan bahwa pesan apa pun akan dikirim ke semua perangkat keluarga Anda, sehingga riwayat obrolan Anda akan selalu disinkronkan di seluruh platform, dan saat Anda menggunakan atau menghapus perangkat, kunci enkripsi Anda berubah.

Saat kunci enkripsi berubah, semua obrolan aktif akan diberi tahu (jika Pemberitahuan Keamanan diaktifkan di Pengaturan WhatsApp.

WhatsApp juga telah mengembangkan aplikasi iPad, yang akan dirilis setelah fitur diaktifkan, sehingga Anda dapat menggunakan WhatsApp di iPhone dan iPad Anda secara bersamaan. Fitur ini sedang dalam pengembangan dan akan tersedia di masa mendatang.

Fitur WhatsApp yang Telah Dirilis

Sebelumnya, WhatsApp telah merilis fitur terbarunya pada pada Senin (3/8/2020) yakni membantu pengguna aplikasi ini untuk mengecek kebenaran dari pesan viral yang diteruskan oleh pengguna lain.

Apabila pengguna ingin mengecek kebenaran pesan itu maka WhatsApp akan mengunggah isinya di Google dan menampilkan hasil pencarian berupa sumber-sumber resmi terkait yang relevan. Fitur cek fakta mandiri di WA akan muncul dalam bentuk kaca pembesar di sebelah pesan viral yang diterima pengguna.

Pengguna hanya perlu mengetuk ikon kaca pembesar itu dan WhatsApp akan menanyakan, apakah penerima ingin memeriksa ulang isi pesan yang sudah dibagikan berulang kali dengan melihat data dari sumber informasi lain.


Baca juga artikel terkait APLIKASI WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Maria Nanda Ayu Saputri
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Maria Nanda Ayu Saputri
Penulis: Maria Nanda Ayu Saputri
Editor: Yantina Debora
DarkLight