Fitur Baru WA Join Missed Calls & Biometric Lock Sedang Diuji Coba

Oleh: Hanafi - 30 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru WhatsApp Join Missed Calls dan Biometric Lock saat ini sedang dalam tahap pengembangan atau beta.
tirto.id - WhatsApp (WA) kembali menguji coba dua fitur baru yaitu Join Missed Calls dan Biometric Lock belum lama ini.

Laman WABetaInfo melansir kedua fitur itu masih dalam tahap pengembangan atau beta dengan nomor versi 2.20.203.3.

Join Missed Calls memungkinkan pengguna untuk bergabung ke panggilan grup tidak terjawab. Mereka dapat tetap bergabung selama panggilan tersebut belum diakhiri.

Fitur itu menyediakan dua opsi menu yaitu Ignore untuk mengabaikan panggilan dan Join untuk bergabung ke panggilan.

WhatsApp juga meningkatkan sistem keamanan pengguna melalui fitur Biometric Lock.

Dari tangkapan layar laman WABetaInfo, fitur Biometric Lock nantinya akan menggantikan fitur Fingerprint Lock yang tersedia saat ini.

Fitur terbaru itu memungkinkan pengguna untuk menggunakan sidik jari, sensor wajah, atau cara identifikasi lain untuk masuk ke aplikasi.

Sistem pemindaian sidik jari atau wajah hanya dapat digunakan apabila smartphone memiliki sensor sidik jari atau sistem pengenalan wajah.

Apabila kedua sistem keamanan ini gagal dilakukan, WhatsApp akan menggunakan cara identifikasi lain untuk mengenali penggunanya.

Tidak ada cara untuk membuka aplikasi WhatsApp apabila sensor sidik jari tidak dapat mengidentifikasi pengguna, tapi akan ada cara lain yang disediakan OS dalam hal ini.

Sistem penguncian otomatis aplikasi masih sama antara Biometric Lock dan Fingerprint Lock, yaitu seketika, setelah 1 menit, atau selepas 30 menit.

Kedua fitur terbaru itu masih belum dapat digunakan oleh pengguna beta, baik Android maupun iOS, mengingat keduanya masih dalam tahap pengembangan.

Hingga saat ini, WhatsApp belum mengumumkan kapan fitur-fitur tersebut akan resmi dirilis. Meski begitu pihaknya berharap bahwa fitur tersebut dapat segera digunakan pada aplikasi WhatsApp versi terbaru.


Sementara itu, pembaruan beta dengan nomor versi 2.2043.7 dilaporkan menyertakan dukungan untuk panggilan suara dan video di web atau dekstop WhatsApp, sebagaimana diwartakan Antara.

Melalui laman WABetaInfo diketahui bagaimana fitur itu akan bekerja melalui beberapa gambar tangkapan layar.

Ketika ada panggilan masuk, akan muncul jendela baru dan pengguna dapat menerima atau menolak panggilan. Jendela baru itu juga akan muncul untuk menampilkan status panggilan saat pengguna menelepon seseorang.

Tidak hanya untuk perorangan, fitur tersebut juga mendukung panggilan suara dan video untuk grup.

Kendati demikian, fitur itu masih belum dapat digunakan oleh pengguna web WhatsApp karena masih dalam tahap pengembangan.

Hingga saat ini belum diketahui pasti kapan fitur tersebut akan resmi dirilis.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Hanafi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Hanafi
Penulis: Hanafi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight