Fitur Baru Spotify Mudahkan Pengguna Temukan Lagu dan Podcast Gres

Oleh: Endah Murniaseh - 27 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur What’s New rencananya baru dapat digunakan secara global pada perangkat iOS dan Android dalam beberapa pekan mendatang.
tirto.id - Spotify merilis fitur baru bernama What’s New untuk memudahkan pengguna menemukan lagu dan siniar (podcast) gres.

“Fitur ini semakin memudahkan Anda untuk mendengarkan semua lagu dan episode podcast terbaru dari musisi atau kreator yang Anda ikuti. Ditambah lagi, ini diperbarui secara real time, jadi Anda dapat mendengarkan konten baru begitu dirilis,” penjelasan Spotify seperti dikutip dari situs resminya, Selasa (27/6/2021).

Resmi diumumkan pada Senin (26/7/2021), fitur What’s New rencananya baru dapat digunakan secara global pada perangkat iOS dan Android dalam beberapa pekan mendatang.

Setiap harinya, Spotify mengunggah konten yang berdurasi lebih dari 50 ribu jam dan berdampak pada sulitnya pengguna untuk melacak keluaran terbaru dari artis atau kreator favorit mereka.

Cara menggunakan fitur What’s New cukup mudah. Pengguna ketuk ikon lonceng yang terletak pada bagian atas tab beranda di aplikasi Spotify. Di sana, terdapat indikator berwarna biru yang berfungsi untuk memberitahu pengguna jika tersedia konten terbaru baik lagu maupun podcast.

Untuk menerima informasi konten terbaru dari lebih banyak musisi, pengguna dapat mengikuti para musisi lain dengan cara membuka halaman mereka atau podcast favorit dan mengetuk ikon “Follow”.

Meskipun dirasa cukup memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi lagu dan podcast terbaru, tetapi fitur What’s New akan memberikan trik psikologis yang dapat membuat adiktif para penggunanya, sebagaimana ditulis Techcrunch.

Munculnya notifikasi akan cenderung membuat pengguna merasakan bahwa pemberitahuan itu merupakan suatu hal yang memiliki urgensi dan membuat mereka seolah-olah perlu mengaksesnya untuk melihat apa yang terbaru.

Melalui fitur barunya ini, Spotify memiliki keinginan untuk meningkatkan keterlibatan penggunanya. Meskipun akan membuat pengguna mengorbankan rasa kenyamanan serta kepuasan pengguna saat mengakses fitur ini.

Meski begitu, beberapa pihak menilai bahwa adanya fitur ini dianggap sebagai kemunduran. Mengingat saat ini banyak platform streaming yang lebih memilih meningkatkan fitur keamanan daripada hanya membuat fitur seperti notifikasi.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Ibnu Azis
DarkLight