Fit and Proper Test Calon Tunggal Panglima TNI Andika Perkasa Kamis

Oleh: Alfian Putra Abdi - 3 November 2021
Usai fit and proper test Bamus akan membawa hasil tes kepatutan dan kelayakan ke rapat paripurna pada 8 November 2021.
tirto.id -
Ketua DPR Puan Maharani mengatakan akan segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan bagi calon Panglima TNI baru pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Setelah rapat di Badan Musyawarah, Komisi I akan melaksanakan pada 4-5 November 2021.

"Menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok Kamis sampai Jumat," ujar Puan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Selanjutnya Bamus akan membawa hasil tes kepatutan dan kelayakan ke rapat paripurna pada 8 November 2021. "Dalam lima hari ke depan akan ada hasil putusan," kata Puan.

Nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI dalam Surat Presiden (Surpres) yang dibacakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani di Gedung Parlemen hari ini.

DPR akan menindaklanjuti Surpres tersebut dengan melaksanakan rapat pimpinan. Kemudian Komisi I akan melanjutkan dengan uji kepatutan dan kelayakan.

"Persetujuan DPR paling lambat akan disampaikan 20 hari tidak termasuk masa reses dan terhitung dari hari ini," ujar Puan.



Baca juga artikel terkait ANDIKA PERKASA atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight