Final Copa del Rey Real Sociedad vs Athletic Bilbao Diberi 2 Opsi

Oleh: Beni Jo - 2 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada 2 opsi yang ditawarkan RFEF untuk laga final Copa del Rey 2019/2020 antara Real Sociedad vs Athletic Bilbao.
tirto.id - RFEF (Federasi Sepak bola Spanyol) memberikan dua opsi untuk laga final Copa del Rey 2019/2020 antara Real Sociedad vs Athletic Bilbao yang ditunda. Kedua klub memiliki waktu selama dua hari untuk menentukan.

Seperti dilaporkan oleh AS pada Sabtu (2/5/2020), Presiden RFEF Luis Rubiales akan memberikan waktu selama 48 jam kepada kedua klub untuk menyatakan pilihan mengenai laga final Copa del Rey musim ini.

Dari hasil suara masing-masing klub itu, pihak federasi rencananya akan mengambil langkah final pada pekan depan terkait pertandingan puncak kedua tim yang ditunda akibat dampak pandemi COVID-19.

Dalam proposal yang dikirimkan, RFEF memberi dua pilihan kepada Real Sociedad dan Athletic Bilbao.

Opsi pertama, final akan tetap dimainkan dengan dihadiri penonton. Namun, jatah satu tiket menuju Liga Europa musim depan diberikan kepada tim yang finis pada peringkat 7 Liga Spanyol 2019/2020.

Sedangkan opsi kedua yakni laga final digelar secara tertutup pada Agustus mendatang. Jika ini menjadi pilihan, maka satu tiket ke fase grup Liga Europa musim depan akan menjadi milik salah satu finalis.

Duel Athletic Bilbao vs Real Sociedad dalam final Copa del Rey 2019/2020 sedianya digelar Sabtu (18/4/2020) lalu. Namun, hingga kini masih berstatus ditunda lantaran kondisi pandemi virus Corona.

UEFA sebagai Konfederasi Sepak Bola Eropa sudah menginformasikan kepada RFEF bahwa jika laga tersebut gagal dihelat, maka tim posisi 7 klasemen akhir La Liga bisa berhak tampil di Liga Europa musim depan.

Andai ini terjadi, memang berpotensi memupuskan harapan Bilbao untuk bisa tampil di Europa musim depan karena mereka ada di peringkat ke-10.

Sedangkan Sociedad masih berpeluang tampil di Liga Champions lantaran berada pada peringkat keempat klasemen Liga Spanyol sebelum ditunda.


Bilbao Tolak Keputusan UEFA

Sebagai tim yang merasa dirugikan jika pertandingan final Copa del Rey tidak jadi digelar, Athletic Bilbao turut bersuara. Mereka menyatakan tidak sependapat dengan rencana pihak UEFA yang akan memberikan jatah untuk tim peringkat 7.

"Athletic Club sangat tidak setuju dengan keputusan yang memberi nilai lebih pada tim yang berada pada urutan ketujuh di liga yang belum selesai, dengan menyisakan 11 pertandingan lagi dari total 38 pekan," tulis pernyataan klub, dilansir laman resmi, Sabtu (2/5/2020).

"Oleh sebab itu, kami memahami bahwa kompetisi yang harus diakhiri sebelum waktunya ini, kriteria yang diterapkan untuk menentukan tim yang lolos Liga Europa 2020/2021 adalah dengan memberikan prioritas kepada finalis Copa del Rey," tambahnya.

Di sisi lain, Real Sociedad sebagai calon lawan disebutkan telah mengadakan pembicaraan dengan Luis Rubiales.

Klub berjuluk La Real ini bersikukuh laga final harus tetap digelar dengan dihadiri penonton selama izin sudah diberikan oleh UEFA dan Kementerian Kesehatan Spanyol.

Baca juga artikel terkait FINAL COPA DEL REY 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight