Final Copa America 2021: Lionel Messi Juara, Taklukkan Maracana

Oleh: Rofi Ali Majid - 11 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hasil final Copa America 2021, Argentina vs Brasil 1-0. Lionel Messi akhiri puasa gelar bersama Tim Tango di Stadion Maracana, Brasil.
tirto.id - Argentina menjadi juara Copa America 2021 usai mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 pada Minggu (11/07/2021). Sang kapten, Lionel Messi akhirnya mengakhiri catatan buruk Tim Tango di Stadion Maracana. Sebelumnya, Argentina sempat bermain di stadion yang sama pada final Piala Dunia 2014. Ketika itu La Albiceleste tumbang 0-1 dari Jerman dalam perebutan gelar juara.

Perolehan gelar ini sekaligus mengakhiri paceklik gelar Argentina yang terakhir kali menjuarai Copa America pada 1993. Selain itu, kemenangan atas Brasil di final membuat Argentina kini jadi tim tersukses di Copa America bersama Uruguay dengan raihan 15 gelar. Adapun fakta menarik lainnya, ini adalah gelar internasional perdana yang didapatkan Messi bersama negaranya.

Keberhasilan Argentina dalam menjuarai Copa America 2021 tak bisa lepas dari peran vital sang kapten. Sejak fase grup hingga final, Messi selalu dimainkan dalam setiap laga dan menyumbangkan 4 gol serta 5 assist. Torehan tersebut membuat Messi jadi top skor sekaligus top assist di kompetisi ini.

Statistik Sofascore mencatat, La Pulga melakukan 239 passing dengan akurasi 81,02% dan memberikan 21 umpan kunci untuk La Albiceleste. Catatan itu merupakan yang terbaik kedua di Copa America 2021 setelah Neymar. Adapun dalam hal dribble sukses dan shooting, La Pulga jadi yang terbaik dengan 34 dribble sukses dan 28 tembakan.

Atas performa gemilangnya di kompetisi ini, COMEBOL memberikan gelar pemain terbaik kepada Messi dan Neymar.

"Tidak mungkin hanya memilih satu pemain karena kompetisi ini memiliki 2 pemain terbaik," rilis CONMEBOL via situs resminya.

"Keduanya adalah finalis dengan tim nasional mereka, mereka telah menunjukkan level tinggi, menjadi protagonis dalam tabel penilaian di kejuaraan ini. Selain itu, mereka adalah pemimpin dalam bantuan, pemain Argentina [Messi] memiliki 5 gol dan bintang Brasil [Neymar] telah melesakan 3 gol, menunjukkan betapa menentukan mereka di lapangan permainan, selama CONMEBOL Copa América 2021 ini," imbuh keterangan tersebut.

Pada laga final kontra Brasil, Messi sebenarnya memiliki peluang untuk memecahkan rekor lain, sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas di Amerika Selatan. Saat ini La Pulga sudah membikin 76 gol dari 150 caps bersama Tim Tango. Catatan itu hanya berselisih 1 gol dengan Pele yang membuat 77 gol bersama Brasil, menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnasi di Amerika Selatan.

Kesempatan tersebut datang saat Messi menerima umpan dari Rodrigo De Paul pada menit 87. Sang kapten tinggal berhadapan dengan Ederson Moraes, penjaga gawang Selecao. Sayangnya, Messi gagal mengkonversi peluang tersebut menjadi gol untuk menyamai rekor Pele. Meski demikian, tampaknya La Pulga masih memiliki banyak kesempatan untuk memecahkan rekor itu selama ia masih aktif bermain untuk Timnas Argentina.


Hasil final Copa America 2021 pagi hari ini Minggu (11/7/2021).

Argentina vs Brasil (1-0)
Pencetak gol: Angel Di Maria (22’)

Susunan Pemain:
Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero (German Pezzella 79’), Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo De Paul, Leandro Daniel Paredes (Guido Rodriguez 54’), Giovani Lo Celso (Nicolas Tagliafico 63’); Lionel Messi, Lautaro Martinez (Nicolas Gonzalez 79’), Angel Di Maria (Exequiel Palacios 79’). | Pelatih: Lionel Scaloni

Brasil (4-2-3-1): Ederson Moraes; Renan Lodi (Emerson 76’), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Fred (Roberto Firmino 46’), Casemiro; Everton (Vinicius Junior 63’), Lucas Paqueta (Gabriel Barbosa 76’), Richarlison; Neymar. | Pelatih: Tite

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Oryza Aditama
DarkLight