Film Trans TV Sambut 17 Agustus: USS Indianapolis Men of Courage

Oleh: Sirojul Khafid - 17 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bioskop Trans TV menghadirkan film USS Indianapolis: Men of Courage menyambut HUT ke-74 RI.
tirto.id - Menyambut Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2019, bioskop Trans TV menghadirkan film USS Indianapolis: Men of Courage, pukul 21.00 WIB. Film ini bercerita tentang cara bertahan hidup di laut paska serangan kapal selam.

Film karya sutradara Mario Van Peebles serta penulis Cam Cannon dan Richard Rionda del Castro ini tayang perdana pada 11 November 2016. Berdurasi 135 menit, USS Indianapolis: Men of Courage berada dalam naungan studio produksi Saban Films.

Sekitar tahun 1945, Perang Dunia II sedang berkecamuk. Presiden AS, Truman, berhasil bernegosiasi dengan Jerman untuk menyerah. Saat ini, salah satu lawan yang kuat yaitu Jepang. Otoritas Amerika memerintahkan meledakkan bom atom ke Hiroshima.

Kapal tercepat Amerika saat itu, USS Indianapolis, bertugas membawa partikel bom atom dengan Kapten Charles McVay (Nicolas Cage) sebagai komandannya. Tanggal 30 Juli 1945, kapal McVay melewati perairan Filipina.


Awalnya perjalanan lancar tanpa hambatan berarti. Namun tiba-tiba pasukan kapal selam Jepang datang dan menyerang kapal USS Indianapolis. Hanya dalam waktu 12 menit, kapal tersebut karam dan membawa beberapa awaknya.

Para awak yang berhasil keluar dari kapal terdampar di permukaan laut dengan bermodal perahu karet dan pelampung. Tidak ada makanan atau minuman. Lima hari tanpa pertolongan membuat para awak meninggal bergiliran. Ada yang kelaparan, kehausan, terkena racun air laut dan berhalusinasi.

Belum selesai urusan perbekalan, mereka harus berhadapan dengan hiu-hiu ganas yang siap menyerang mereka. Kemungkinan selamat semakin menipis. Kalaupun bisa selamat, beban berat setelah pulang, terutama untuk kapten McVay masih akan menghantui.

Selain Nicolas Cage, pemain lain yang bergabung di antaranya Tom Sizemore, Thomas Jane, James Remar, Matt Lanter, Brian Presley, Callard Harris, Yutaka Takeuchi dan Johnny Wactor.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 17 persen. Sementara penonton memberi skor 30 persen. Situs IMDb memberi skor 5,2 dari 10.

------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca juga artikel terkait FILM TRANS TV MALAM INI atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight