Film Tenet Berhasil Mendapat 53 Juta Dolar Selama Satu Pekan

Oleh: Ega Krisnawati - 31 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film Tenet berhasil mendapat sebanyak 53 juta dolar dalam debutnya sepekan.
tirto.id - Film Tenet karya Christopher Nolan yang diluncurkan akhir pekan lalu berhasil mendapat sebanyak 53 juta dolar debut.

Film bergenre fiksi ini telah meraup hasil yang mengejutkan di pasar Inggris yakni 7,1 juta dolar Amerika. Tidak hanya di Inggris, Tenet juga diluncurkan di 41 pasar internasional lainnya seperti, Perancis sebanyak 6,7 juta dolar, Korea sebanyak 5,1 juta dolar, dan Jerman sebanyak 4,2 juta dolar. Rencananya pada pekan ini, Tenet akan dirilis di tiga pasar internasional, yakni Amerika Serikat, Rusia, dan China.

"Kami memiliki awal yang sangat fantastis secara global, dan sangat senang," ujar Toby Emmerich, ketua Warner Bros, seperti yang diwartakan oleh Variety.

Dia melanjutkan bahwa Christopher Nolan sekali lagi telah menghadirkan film yang layak untuk ditonton di layar lebar. Tidak hanya itu, pihaknya sangat senang karena penonton di seluruh dunia bisa memiliki kesempatan untuk menyaksikan Tenet.

Film yang dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattison tersebut, sebelumnya akan ditayangkan pada Juli akan tetapi beberapa kali mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19.


Selama krisis kesehatan global, penjualan tiket film Tenet pada akhir pekan berhasil memperoleh target di luar yang diperkirakan. Hal tersebut, dapat menjanjikan kelangsungan bisnis bioskop.

Film ini telah menghabiskan biaya produksi hingga 200 juta dolar Amerika Serikat serta biaya jutaan lainnya untuk pemasaran.

Bahkan pada keadaan normal, jumlah tersebut sulit untuk dapat balik modal. Namun begitu menurut para analisa film, hal ini kemungkinan bergantung dari kecepatan penjualan di Cina sebagai pasar terbesar kedua dunia yang telah pulih sejak bioskop terpaksa ditutup selama masa pandemi COVID-19.

Film perang The Eight Hundred dan komedi romantis Love You Forever membuktikan penjualan tiket besar-besaran tersebut.

Menurut Emmerich operator bioskop telah mengambil langkah yang tegas agar penonton dapat merasa aman saat kembali ke bioskop. Rantai besar seperti AMC dan Regal mewajibkan agar penonton selalu memakai masker wajah, membuat jarak antar tempat duduk, serta melakukan prosedur kebersihan yang baru.

Dia mengucapkan terima kasih kepada mitranya karena tidak lekas menyerah selama proses pembukaan bioskop kembali, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Mengingat keadaannya sangat berbeda, Emmerich berharap agar film dapat ditayangkan secara global selama beberapa minggu mendatang. Dirinya juga menyadari bahwa proses yang dijalankan bukan spint melainkan maraton.

Dilansir dari Reuters yang dikutip Antara News, Tenet merupakan film debut terbesar selama karier yang dijalankan oleh Cristopher Nolan di sembilan pasar kecil seperti, Belanda, Ukraina, serta Hongaria.

Film tersebut mendapat sambutan pembukaan yang cukup besar untuk film Holywood yakni sebanyak 1,47 dolar dari 131 tempat di Arab Saudi.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight