Film Raya and the Last Dragon Puncaki Box Office AS

Oleh: Dede Mudopar - 9 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Film Raya and the Last Dragon pada minggu pertama dirilis berhasil meraup 8,6 juta dolar AS di Amerika Serikat.
tirto.id - Film yang diproduksi oleh Disney, Raya and the Last Dragon berhasil bertengger di posisi satu Box Office Amerika Serikat pada pekan lalu, 7 Maret 2021. Film yang disutradarai oleh Carlos López Estrada dan Don Hall ini dirilis pada tanggal 5 Maret 2021.

Mengutip Variety, selain diputar di bioskop-bioskop terbatas akibat pandemi Covid-19, film Raya and the Last Dragon juga dapat ditonton melalui layanan Disney Plus. Metode ini sama seperti yang diterapkan Disney dalam perilisan film Mulan.

Film Raya and the Last Dragon pada minggu pertama dirilis berhasil meraup 8,6 juta dolar AS dari pemutarannya di 2.045 bioskop di Amerika Serikat. Meskipun film ini gagal menyamai film Tom & Jerry yang menghasilkan 14,1 juta dolar AS pada akhir pekan lalu, namun film ini memberikan secercah harapan bagi sektor perfilman yang telah lama menderita akibat pandemi Covid-19.

Dari pemutarannya di seluruh dunia atau pendapatan global, film Raya telah mengumpulkan penghasilan sebesar 26 juta dolar AS dengan kontribusi terbesar dari Cina dan Rusia dengan penghasilan masing-masing 8,4 juta dan 2,8 juta dolar AS.

Film Tom & Jerry yang memasuki minggu keduanya berada di posisi kedua box office. Film arahan Tim Story ini mengumpulkan penghasilan sebesar 6,6 juta dolar AS di minggu kemarin dan menjadi 23 juta dolar AS penghasilan domestik sejak dirilis.


Sedangkan dari penghasilan secara global, Tom & Jerry mengumpulkan 57 juta dolar AS. Seperti halnya film Raya and the Last Dragon, Tom & Jerry juga bisa ditonton secara streaming. Namun, tentu saja bukan di layanan Disney Plus melainkan di HBO Max.

Di posisi ketiga pada box office Amerika Serikat pekan lalu bertengger film Chaos Walking. Film petualangan fantasi dari Lionsgate yang dirilis pada 5 Maret 2021 ini mengantongi penghasilan sebesar 3,8 juta dolar AS pada debut pertamanya di box office domestik.

Aksi Tom Holland, Daisy Ridley dan Demián Bichir ini diputar di 1.980 bioskop dan menghasilkan 6 juta dolar AS dari pemutaran di seluruh dunia. Film ini menghabiskan menghabiskan biaya pembuatan sebesar 100 juta dolar AS dan dijadwalkan debut pada Maret 2019, sebelum menjalani reshoot.

Posisi empat diisi oleh film Boogie dari Focus Features film drama tentang fenomena bola basket Queens yang ditulis dan disutradarai oleh Eddie Huang ini mengumpulkan 1,2 juta dolar AS di debut pertamanya.

Sementara itu The Croods: A New Age dari Dreamworks Animation melengkapi posisi kelima dengan 780.000 dolar AS. Film arahan Joel Crawford mengantongi pendapatan domestik menjadi 53.6 juta dolar AS dan telah meraup 157,7 juta dolar AS di seluruh dunia sejak dibuka musim gugur lalu.


Baca juga artikel terkait RAYA AND THE LAST DRAGON atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight