Film Mulan, Adaptasi Kisah Legenda Pejuang Wanita dari Cina

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 8 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Film Live Action Mulan akan ditayangkan pada 27 Maret 2020.
tirto.id - Akun YouTube Studio Walt Disney, merilis trailer untuk film live action Mulan yang akan dirilis di bioskop pada pada 27 Maret 2020 mendatang.

Dalam trailernya diceritakan bahwa Mulan, yang diperankan oleh Liu Yifei, menghadapi kenyataan bahwa dirinya akan dijodohkan dengan seorang pria oleh kedua orang tuanya.

Meski di depan orang tuanya Mulan menyetujui perjodohan tersebut, Mulan diam-diam masih berlatih pedang dan bela diri tanpa diketahui kedua orangtuanya.

Trailer berdurasi satu setengah menit tersebut juga menyajikan beberapa adegan laga saat Mulan berdiri di medan perang sambil berhadapan dengan prajurit-prajurit dari Bangsa Hun.

Meski ada beberapa elemen yang berbeda dibanding dengan film animasinya, video tersebut berhasil mendapatkan lebih dari 6 juta penayangan sejak pertama kali dirilis.

Cerita Mulan diadaptasi dari kisah legenda Cina tentang Hua Mulan, pejuang wanita legendaris yang menjadi panutan heroik bagi para pahlawan-pahlawan bangsa Hun pada zaman-zaman berikutnya.

Film animasinya terlebih dahulu hadir di tahun 1998 dengan soundtrack-nya “I’ll Make The Man Out Of You”.

Film animasinya bercerita tentang Kekaisaran Cina sedang diserang oleh Bangsa Hun dari utara. Kaisar lalu mengharuskan setiap keluarga menurunkan satu pria guna mengikuti wajib militer.

Keluarga Mulan tidak memiliki pria lain selain ayah Mulan. Demi menggantikan ayahnya yang sudah tua dari tugas tersebut, Mulan kabur dari rumahnya dengan membawa peralatan perang dan pakaian perang dari ayahnya, lalu berpakaian seperti pria guna masuk ke dalam barak pelatihan bagi prajurit kekaisaran Cina.

Ada beberapa hal yang berbeda antara Mulan versi animasi dengan versi live-action. Salah satunya belum munculnya adalah naga kecil berwarna merah yang menjadi teman berpetualang Mulan bernama Mushu, yang dulu disuarakan oleh komedian Eddie Murphy.

Selain itu, peran Li-Shang sebagai kapten yang melatih prajurit dan love interest bagi Mulan digantikan dengan peran Chen Honghui, peran baru yang tidak ada dalam film animasi pendahulunya.

Film animasi Mulan sudah mendapat sekuelnya di tahun 2005, menceritakan satu bulan setelah kejadian di film Mulan.

Li Shang dan Mulan mendapat misi rahasia dari Kekaisaran Cina pada saat mereka sedang mempersiapkan pernikahan mereka, Mushu, tiba-tiba berusaha memisahkan mereka berdua dengan cara menyerang Li Shang, dan percekcokan diantara Mulan dan Li Shang mengenai perbedaan diantara keduanya.

Sayangnya, sekuel ini tidak mendapat banyak perhatian dari penonton. Dalam situs Rotten Tomatoes, Mulan II mendapat rating 0%.

Masih dalam situs yang sama , ulasan mengenai Mulan II mendapat banyak kritikan seperti menurunnya kualitas cerita, soundtrack yang tidak memorable, hingga tidak adanya pengembangan karakter yang terjadi dari awal hingga akhir film.

Adaptasi Mulan dalam versi manusia berarti menandai adaptasi kisah Mulan untuk yang ketiga kalinya di layar lebar, meski Mulan sendiri pernah menjadi cameo dalam film animasi lainnya, Wreck-it Ralph.

Meski memiliki beberapa unsur perbedaan dengan film animasinya, Studio Walt Disney masih menyimpan beberapa elemen penting dalam film yang tidak sempat dikeluarkan melalui trailer.


Baca juga artikel terkait FILM MULAN atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Film)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight