Film Fast and Furious 9 Kembali Ditunda, Ini Penyebab & Alasannya

Oleh: Dede Mudopar - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fast & Furious sebenarnya akan tayang pada 28 Mei 2021. Tapi ditunda menjadi tanggal 25 Juni 2021.
tirto.id - Para fans film Fast & Furious harus bersabar untuk menyaksikan aksi Dominic Toretto dan kawan-kawan. Pasalnya, pihak Universal Pictures menunda jadwal rilis film Fast & Furious 9.

Seperti dilansir Variety, film Fast & Furious sebelumnya dijadwalkan akan tayang pada akhir pekan "Memorial Day" yaitu tanggal 28 Mei 2021. Namun, film ini mengalami penundaan sekitar sebulan yaitu menjadi tanggal 25 Juni 2021.

Penundaan rilis Fast & Furious 9 ini merupakan yang ketiga kalinya akibat dampak pandemi Covid-19 yang dirasa belum aman untuk merilis film. Sebelumnya film ini dijadwalkan tayang pada musim panas 2020 namun ditunda akibat pandemi.

Film yang menghabiskan biaya 200 juta dolar AS ini membutuhkan penjualan tiket besar-besaran secara global untuk memastikannya menghasilkan keuntungan.

Universal telah mempertimbangkan beberapa opsi tanggal rilis untuk film Fast & Furious 9 termasuk musim liburan atau tahun depan. Namun, pihak studio memilih untuk hanya menunda film secara bertahap.

Hal tersebut mengingat perkembangan positif seputar vaksin dan harapan bahwa bioskop Los Angeles akan segera dibuka kembali. Meskipun penjualan tiket Amerika Serikat paling sedikit namun nampaknya Hollywood terpengaruh oleh box office Cina yang telah menurunkan beberapa blockbuster dalam beberapa bulan terakhir.

Jadwal baru film Fast & Furious 9 diumumkan melalui akun twitter resmi film tersebut, @TheFastSaga dalam postingannya.

Sebelumnya, seperti dilansir Deadline, Universal telah merilis dua trailer film Fast & Furious 9 selama dua Super Bowl terakhir dan telah menarik banyak pemirsa dalam 24 jam setelah penurunannya di setiap siaran dengan mencatatkan 44,5 juta penayangan.

Film franchise Fast & Furious menuai kesuksesan dalam hal penghasilan dengan meraup lebih dari 5 miliar dolar AS dari pemutarannya di seluruh dunia.

Dalam sekuel ke 9 ini, masih menghadirkan aksi dari Vin Diesel yang berperan sebagai Dominic Toretto. Selain itu, film yang disutradarai oleh Justin Lin menghadirkan nama lainnya seperti Michelle Rodriguez, Charlize Theron, Helen Mirren dan John Cena. Naskahnya ditulis oleh Daniel Casey serta diproduseri oleh Neal H. Moritz.

Selain menunda penayangan film Fast & Furious 9, pihak Universal juga menunda penayangan film Minions: The Rise of Gru. Film franchise seri ke lima dari Despicable Me itu ditunda penayangannya selama setahun.

Sebelumnya, film animasi keluarga ini dijadwalkan untuk dirilis pada 2 Juli 2021, namun kemudian ditunda jadwal rilisnya ke tanggal 1 Juli 2022.

Despicable Me menjadi salah satu film franchise yang menguntungkan bagi Universal Pictures. Film pertamanya yang dirilis pada 2010 berhasil meraup penghasilan lebih dari 543 juta dolar AS dari pemutarannya di seluruh dunia.

Secara mengejutkan sekuel keduanya yang dirilis pada 2013 berhasil meraih penghasilan sebesar 970 juta dolar AS dan sekuel ketiganya yang rilis pada 2017 menuai kesuksesan besar dengan meraup penghasilan lebih dari satu miliar dolar AS.

Pada 2015, Universal merilis film bagian dari Despicable Me dengan judul Minions, film ini berhasil mengumpulkan penghasilan lebih dari satu miliar dolar AS dari pemutarannya di seluruh dunia.


Baca juga artikel terkait FAST AND FURIOUS 9 atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight