Film Dua Garis Biru Tembus 2 Juta Penonton dalam 15 Hari Penayangan

Oleh: Sirojul Khafid - 26 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Film Dua Garis Biru dilaporkan telah dinikmati lebih dari dua juta penonton dalam 15 hari penayangan
tirto.id - Film karya Gina S. Noer Dua Garis Biru dilaporkan telah dinikmati lebih dari dua juta penonton dalam 15 hari penayangan, atau sejak rilis pada Kamis (11/7/2019).

Hal ini dijelaskan pihak Wahana Kreator, studio produksi film Dua Garis Biru
dalam akun instagram resminya.

Sementara itu Film Indonesia melaporkan, pencapaian ini telah menempatkan Dua Garis Biru dalam urutan kedua film terlaris tahun 2019 untuk sementara.

Peringkat pertama masih ditempati Dilan 1991 dengan 5.253.411 penonton. Selanjutnya, Stupid Boss 2 dengan 1.876.052 penonton dalam urutan ketiga. Urutan keempat dan kelima ditempati oleh Kuntilanak 2 dan Keluarga Cemara dengan perolehan masing-masing 1.726.570 dan 1.701.498 penonton.

Apabila rata-rata harga tiket bioskop di Indonesia tahun 2019 sebesar 40.000 rupiah, maka pendapatan kotor Dua Garis Biru sekitar Rp80 miliar.


Mulanya, trailer yang diunggah di akun youtube StarvisionPlus rilis, sempat terjadi kontroversi terkait cerita dalam film. Beberapa orang juga mempetisi film tentang pendidikan seks ini karena dianggap bisa merusak moral. Namun saat ini petisi tersebut telah dicabut.

Menanggapi hal ini, Gina selaku sutradara menyatakan ada kemungkinan ketakutan saat melihat trailer yang sepenggal tersebut.

Sebagaimana diwartakan Antara, Gina berharap saat menonton nanti, masyarakat bisa terhibur. “Bisa relate dengan karakter-karakternya, kontroversi tersebut bisa hilang.”

Sutradara yang juga penulis buku ini menyatakan bahwa film ini sebagai wadah diskusi tentang seks dan perikahan dini yang masih tabu di Indonesia.

Gina juga mengungkapkan bahwa film merupakan media yang bagus untuk menyebarkan kesadaran pentingnya pendidikan seks. Dalam film, pendidikan bisa dikemas secara menyenangkan dan mengunggah secara emosional.

Film pertama Gina S. Noer sebagai sutradara dan penulis naskah ini mendapat tanggapan positif dari beberapa kritikus film. Tema yang dianggap penting dan cerita yang menonjolkan sudut pandang perempuan ini merupakan angin segar bagi perfilman di Indonesia.

Dua Garis Biru bercerita tentang Dara (Zara JKT48) dan Bima (Angga Yunanda), sepasang kekasih yang masih menjalani pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Walaupun jauh dari kata sempurna, mereka saling melengkapi dan mengisi. Tidak ada kepura-puraan saat mereka berdua.

Keluarga dan teman-teman mereka juga mendukung hubungan Dara dan Bima. Kepercayaan orang-orang sekitar dan gejolak asmara yang sedang memuncak sepertinya membuat mereka berpikir pendek. Mereka melanggar batas pacaran yang menyebabkan Dara hamil.

Tidak hanya hubungan mereka yang menjadi berbeda, perlakuan teman dan keluarga juga berubah. Mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka di hadapan keluarga masing-masing.

Selain Zara dan Angga, aktor dan aktris lain yang bergabung yaitu Cut Mini, Arswendy Bening Swara, Dwi Sasono, Lulu Tobing, rachel Amanda, Maisha Kanna, Shakira Jasmine dan Ligwina Hananto.

Berdurasi 103 menit, Dua Garis Biru berada dalam kerja sama studio produksi Starvision dan Wahana Kreator.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight