FIFA

FIFA Bagikan 209 Juta Dolar Kepada 416 Klub Hasil Piala Dunia 2018

Oleh: Beni Jo - 6 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Program Manfaat Klub" yang diberikan oleh FIFA merupakan hasil dari gelaran Piala Dunia 2018 Rusia Juni-Juli silam.
tirto.id - FIFA akan membagikan uang hasil dari gelaran Piala Dunia 2018 Rusia kepada 416 klub di seluruh dunia yang telah mengirimkan para pemainnya untuk mengikuti kompetisi empat tahunan itu.

"Program Manfaat Klub" ini diberikan oleh FIFA kepada klub yang pemainnya telah berkontribusi pada keberhasilan Piala Dunia yang digelar Juni-Juli silam. Dana tersebut merupakan bagian dari pendapatan kompetisi yang dialokasikan secara khusus.

Total, FIFA akan membayar 209 juta dolar kepada 416 klub dari 63 anggota asosiasi di lima benua. Jika dilihat nominal angkannya, terjadi peningkatan yang signifikan sebesar hampir 200 persen dibandingkan dengan edisi Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil.

"Piala Dunia adalah puncak dari sepakbola, membangkitkan gairah dan emosi dari setiap pemain dan penggemar di seluruh penjuru dunia. Merupakan tanggung jawab FIFA untuk mendistribusikan pendapatan ke seluruh komunitas sepakbola dan klub.

"Saya sangat senang melihat bahwa tim dari berbagai negara akan mendapat manfaat dari program ini, yang akan membantu pengembangan sepakbola di seluruh dunia," ujar Presiden FIFA Gianni Infantino di laman resmi federasi sepakbola dunia itu, dikutip Kamis (6/12/2018).

Dari daftar 10 klub terbanyak penerima dana, Liga Inggris dan Liga Spanyol mendominasi susunan tersebut. Manchester City yang diasuh Pep Guardiola akan menerima dana terbanyak di dunia dengan jumlah nominal sebesar
5 Juta Dolar.

Sedangkan Real Madrid yang mengirimkan 15 pemain ke Piala Dunia 2018, akan mendapatkan 4,8 Juta Dolar dari FIFA. Sementara klub asal kota London, Tottenham Hotspur, diperkirakan akan memperoleh 4,3 Juta Dolar.

Rival abadi Los Blancos di La Liga Spanyol, Barcelona, akan menerima pendapatan sebesar 4,1 Juta Dolar. Sementara klub sekota City, Manchester United akan dapat kiriman dana 3,6 Juta Dolar dari hasil Piala Dunia.

Di lansir dari Marca, setiap klub diperkirakan memperoleh 7.500 Euro per pemain per hari atas jasa mereka yang telah bekerja untuk tim nasional negara masing-masing sejak dua minggu sebelum dimulainya turnamen tersebut.

Berikut 10 Klub penerima dana terbanyak dari FIFA :


No Klub Nominal
1 Manchester City 5 Juta Dolar
2 Real Madrid 4,8 Juta Dolar
3 Tottenham Hotspur 4,3 Juta Dolar
4 Barcelona 4,1 Juta Dolar
5 Paris Saint-Germain 3,8 Juta Dolar
6 Chelsea 3,8 Juta Dolar
7 Manchester United 3,6 Juta Dolar
8 Atletico Madrid 3 Juta Dolar
9 Juventus 3 Juta Dolar
10 AS Monaco 2,9 Juta Dolar



Baca juga artikel terkait FIFA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo