Liga Spanyol

Ferland Mendy Bek Jago Dribel yang Jadi Pesaing Marcelo di Madrid

Oleh: Beni Jo - 13 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum didatangkan Real Madrid, Ferland Mendy berhasil mencatatkan diri dengan 102 kali dribel selama dua musim berada di Ligue 1 bersama Olympique Lyon yang merupakan angka tertinggi di kompetisi tersebut.
tirto.id - Ferland Mendy baru saja diperkenalkan sebagai rekrutan terbaru Real Madrid pada Rabu (13/6/2019). Pemain kelahiran Meulan-en-Yvelines 8 Juni 1955 ini memiliki keistimewaan tersendiri soal jumlah dribel yang mencapai 102 dribel dalam dua musim di Ligue 1 Perancis bersama Olympique Lyon.

"Ferland Mendy sekarang menjadi pemain Real Madrid. Bek kiri berusia 24 tahun ini termasuk pemain internasional timnas Perancis dan bersama Olympique Lyon, dirinya membuat penampilan yang mengesankan dengan dinobatkan dalam Ligue 1 Best Eleven yang dipilih oleh Union Nationale des Footballeurs Professionnels (UNFP) dua kali berturut-turut," bunyi pernyataan resmi klub, Rabu (13/6/2019).

Mendy sendiri tercatat memperkuat Lyon selama dua musim dari 2017/2018 hingga 2018/2019 setelah dipinang dari Le Havre.

Sementara itu dilansir dari OptaJose, pemain yang baru mencatatkan tiga kali penampilan bersama Perancis itu mempunyai catatan 102 kali dribbling selama dua musim terakhir. Jumlah ini merupakan angka tertinggi di Ligue 1 mengalahkan catatan para bek-bek lainnya.

Selain itu, raihan ini juga turut menempatkan Mendy dalam daftar bek dengan rekor dribbling tertinggi di lima liga top Eropa setelah Arthur Masuaky (West Ham) dan Joao Cancelo (Juventus) dalam masa tersebut.

Dengan posisi Mendy sebagai bek kiri, maka pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane akan semakin mudah menemukan solusi terbaiknya untuk sisi pertahanan timnya tersebut. Selama ini Real Madrid mengandalkan Marcelo dan Sergio Reguilon, tetapi masa depan mereka di kubu Santiago Bernabeu tidak pasti.

Selama dua musim berlaga untuk Lyon di semua kompetisi, Mendy sudah tampil dalam 79 pertandingan dengan mengoleksi tiga gol. Sebelumnya, saat memperkuat Le Havre, 51 penampilan sudah dilakoninya dengan raihan dua gol.

Sejauh ini belum ada trofi yang mampu dihasilkannya. Namun, seperti disebutkan di muka, Mendy mampu memperoleh penghargaan secara pribadi dengan masuk dalam Team of the Year Ligue 1 pilihan UNFP (Persatuan Pemain Profesional Perancis) di musim 2017/2018 dan 2018/2019.

"
Pelari yang rela bekerja keras dan bek sayap yang tangguh, kecepatannya [Mendy], kemampuannya membaca permainan, dan visinya ketika menguasai bola adalah fitur utamanya. Dia selalu menjadi ancaman ke depan dan dia mengukir 44 penampilan untuk Lyon musim lalu," keterangan Real Madrid.






Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus