Fenomena Planet Sejajar 28-30 Juni 2022: Jam Berapa dan Cara Lihat

Penulis: Dipna Videlia Putsanra - 29 Jun 2022 10:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fenomena planet sejajar 28-30 Juni, jam berapa dan bagaimana melihatnya?
tirto.id - Fenomena planet sejajar masih akan terjadi hingga akhir bulan ini. Fenomena planet sejajar ini bisa disaksikan dengan mata telanjang pada waktu terbaik. BRIN menyebut fenomena ini sebagai Parade Langit Subuh.

Parade langit yang dimaksud adalah konfigurasi segarisnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Konfigurasi ini berlangsung sejak 4-15 Juni 2022.

Parade Langit Kedua (Segarisnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan) sejak 16-27 Juni 2022, serta dilanjutkan kembali dengan Parade Langit (seperti yang pertama) di tiga hari terakhir bulan Juni 2022 (28-30 Juni 2022).

Fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah, atau 75 menit sebelum Matahari terbit (sekitar pukul 04.30 waktu setempat) hingga akhir fajar, sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

Fenomena ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik, kecuali Uranus, karena kecerlangannya lebih besar dari +4,7 (batas magnitudo visual maksimum bagi wilayah perkotaan) maka diperlukan teleskop kecil (lensa berdiameter 10-25 cm) agar dapat menyaksikan Uranus.

Fenomena ini dapat disaksikan selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang. Bagi wilayah yang polusi cahayanya nyaris tidak ada (kondisi langit benar-benar bersih), Uranus dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop karena kecerlangannya lebih kecil dari +6,5.


Cara Melihat Fenomena Planet Sejajar


Fenomena planet sejajar yang langka ini, terakhir terjadi pada 1864, sudah terlihat sejak awal Juni. Menurut Michelle Nichols, direktur pengamatan publik di Planetarium Adler Chicago, waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah subuh.

"Anda harus bangun sangat pagi, jadi Anda harus menyetel alarm untuk melakukannya - tetapi waktu tersebut adalah saat terbaik untuk melihat planet di langit," ujar Nichols, dikutip Live Science.

Planet sejajar terlihat tepat sebelum fajar di belahan bumi utara. Waktu terbaik untuk melihat adalah sekitar 45 menit sebelum matahari terbit, waktu setempat, kata Nichols.

Planet-planet akan menyebar dari ufuk timur-timur laut, melengkung ke arah selatan. Mereka akan berbaris dalam urutan dari matahari: Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Tips untuk melihat planet adalah dengan mencari cahaya yang stabil, kata Nichols. Bintang berkelap-kelip, tapi planet tidak, sehingga sangat membantu juga Anda melihat langit di lokasi yang minim cahaya.


Baca juga artikel terkait FENOMENA PLANET SEJAJAR atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom

DarkLight