Fans X1 Minta CJ ENM Bentuk Grup Baru dengan Anggota Sama

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fans meminta CJ ENM untuk membentuk grup baru dengan anggota X1.
tirto.id - Para penggemar boy group X1 melakukan demonstrasi di depan gedung CJ ENM, di lingkungan Sangam, Seoul pada Rabu (22/1/2020). Asosiasi penggemar itu menuntut CJ ENM untuk bertanggung jawab terhadap pembubaran X1 dan pembentukan grup baru dengan anggota sama.

X1 adalah boy group yang dibentuk melalui program survival Mnet "Produce X 101." Setelah debut pada 27 Agustus, hasil penyelidikan polisi mengungkapkan produser acara telah memanipulasi suara yang menentukan peringkat para kontestan. Pada 6 Januari, agensi anggota X1 mengumumkan pembubaran grup.

Sebuah asosiasi penggemar yang mendukung pembentukan grup baru dengan anggota X1 memimpin protes selama sekitar tiga jam dari pukul 11.00 hingga 14.00. Menurut asosiasi, sekitar 1.000 penggemar ikut serta dalam protes tersebut, demikian diwartakan Soompi.

Tiga tuntutan utama para penggemar terhadap CJ ENM adalah untuk bertanggung jawab atas akibat yang diterima penggemar X1 dan X1, mengumumkan keputusan untuk membuat grup baru pada tanggal 31 Januari, dan mempertemukan para kepala agensi anggota X1 untuk melakukan pertemuan pada 7 Februari.

Fans menyatakan, suara-suara para penggemar dan anggota X1 tidak terdengar dalam proses pembubaran grup dan keputusan itu dibuat secara sepihak oleh agensi. Mereka menuntut CJ ENM untuk mengumpulkan anggota X1 yang masih bersedia untuk membentuk grup baru.

"Kami tidak akan menghentikan perjuangan kami sampai CJ ENM menerima tuntutan kami, dan jika kami tidak menerima respons positif pada tanggal-tanggal ini, kami akan terus melakukan protes pada skala yang lebih besar dan dalam berbagai bentuk," kata perwakilan asosiasi fans.

CJ ENM menyatakan mereka juga menyayangkan pembubaran X1 setelah tidak terjadi kesepakatan antara agensi. Mereka juga mengatakan akan mendukung kegiatan para personel X1.

"Kami pikir sangat disayangkan, situasi baru-baru ini menyebabkan pembubaran X1 setelah diskusi antara agensi, dan kami merasa sangat bertanggung jawab. CJ ENM akan terus aktif mendukung kegiatan anggota X1," kata CJ ENM dalam pernyataan resmi.

Selama protes berlangsung, para penggemar X1 di seluruh dunia menggunakan tagar #BringBackNewX1 dan #CJTakeTheResponsibility di Twitter.

Boy group X1 resmi dibubarkan setelah tidak ada kesepakatan antara agensi yang menaungi mereka. Hal ini diumumkan agensi pada Senin (6/1/2020) melalui sebuah pernyataan resmi, seperti dikutip Soompi.

"CJ ENM mencoba untuk melanjutkan kegiatan X1, tetapi kami menghormati posisi agensi yang memutuskan untuk membubarkan X1," ujar CJ ENM, agensi yang menaungi X1 saat ini.

Pada tanggal 6 Januari, kesepakatan akhir dicapai sebagai hasil dari pertemuan antara para pejabat anggota X1, CJ ENM dan Swing Entertainment. X1, kelompok bentukan proyek Mnet "Produce X 101", terganggu oleh kontroversi program, sehingga tim memutuskan untuk membubarkannya.

Pernyataan itu dikeluarkan Play M Entertainment, Yuehua Entertainment, TOP Media, OUI Entertainment, MBK Entertainment, Woolim Entertainment, DSP Media, Starship Entertainment, dan Brand New Music.


Baca juga artikel terkait BOY GROUP X1 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight