Fakta Menarik Tentang Joe Biden, Presiden Baru Amerika Serikat

Oleh: Abdul Hadi - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang kehidupan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.
tirto.id - Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Amerika Serikat (AS) pada 20 Januari 2021. Pasangan yang diusung Partai Demokrat ini berhasil menggeser posisi Donald Trump-Mike Pence dari Partai Republik.

Dalam pemilihan 2020 lalu, Joe Biden-Kamala Harris berhasil menang dengan perolehan suara lebih dari 74 juta warga AS, dan mengantongi 306 suara elektoral.

Sebelum menjadi presiden AS, Joe Biden pernah menjabat sebagai wakil presiden dari Barack Obama selama dua periode. Sebelum itu, ia menduduki kursi senator Delaware sejak 1972-2009.

Sebagaimana dikutip dari laman Britannica dan Biography, berikut fakta unik mengenai Presiden AS ke-46 ini.


Masa Kecil dan Remaja
Joe Biden

Joe Biden bernama lengkap Joseph Robinette Biden, Jr. Ia dilahirkan di Scranton, Pennsylvania pada 20 November 1942. Ayahnya, Joe Biden, Sr. adalah pembersih perapian dan penjual mobil bekas, sementara ibunya bernama Catherine Eugenia Finnegan.

Ketika usia 10 tahun, keluarga Biden pindah ke Delaware. Setiap kali ditanya mengenai rumahnya, Biden selalu menjawab bahwa ia berasal dari Delaware, bukan Scranton. Di sana, ia menghabiskan masa kecil dan remaja, serta kuliah di Universitas Delaware.

Di Universitas Delaware, Joe Biden mengambil dua jurusan sekaligus: Jurusan Sejarah dan Ilmu Politik. Selanjutnya, ia meneruskan magister di jurusan hukum di Universitas Syracuse.


Dari Hukum ke Politik dan Pendidikan

Awal kariernya, Joe Biden bekerja sebagai pengacara di firma hukum di Wilmington. Pada saat bersamaan, ia bekerja paruh waktu sebagai pembela umum untuk mendampingi orang-orang yang tak bisa membayar pengacara firma.

Pada 1970, ia mengundurkan diri di bidang hukum dan terjun ke bidang politik. Dua tahun selanjutnya, pada 1972, Joe Biden terpilih menjadi senator AS di usia 29 tahun.

Selain menjadi politikus, sejak 1991 hingga 2008, Joe Biden juga menjadi profesor di Universitas Hukum Widener, Wilmington, Delaware.


Joe Biden Pernah Operasi Otak

Pada Februari 1988, setelah mengalami nyeri leher parah, Joe Biden dilarikan ke Rumah Sakit Walter Reed Army Medical Center. Rupanya, ia mengalami kebocoran pembuluh darah otak atau aneurisma otak. Agar sembuh, ia harus menjalani operasi otak.

Usai operasi, di masa pemulihan, ia kembali terkena emboli paru yang membuatnya mengalami komplikasi penyakit yang parah. Beberapa bulan setelahnya, Biden dioperasi lagi. Akibatnya, selama tujuh bulan, ia cuti dari kerjanya sebagai senator.


Senator Termuda dan Terlama di AS

Ketika terpilih menjadi senator pada 1972, Joe Biden merupakan senator termuda kelima dalam sejarah Amerika.

Sejak itu, ia memenangi pemilihan senator sebanyak enam kali. Joe Biden menjadi senator dari 1972 hingga 2009 dan menjabat sebagai senator Delaware selama 37 tahun, serta merupakan senator terlama di sejarah AS.


Joe Biden Presiden AS Tertua

Selain senator termuda dan terlama di Delaware, AS, kemenangan Joe Biden juga membuatnya menjadi Presiden AS tertua sepanjang sejarah dengan usia 78 tahun. Sebelumnya, presiden tertua AS adalah Ronald Reagan yang terpilih sebagai Presiden AS untuk masa jabatan kedua pada usia 73 tahun.

Sedangkan Presiden AS termuda adalah John F. Kennedy (1961-1963) yang mulai menjabat pada usia 43 tahun. Ia meninggal dunia dalam masa jabatannya karena ditembak pada 22 November 1963.


Joe Biden Menikah Dua Kali


Selama masa hidupnya, Joe Biden menikah dua kali. Pertama kali pada 1966 dengan Neilia Biden. Kemudian, pada 1951 ia menikah dengan Jill Biden.

Neilia Hunter Biden adalah istri pertama Joe Biden. Ia meninggal akibat kecelakaan mobil pada 1972 beberapa waktu setelah Biden terpilih menjadi senator di Delaware.

Di kecelakaan itu, salah satu anak Biden, Naomi meninggal. Dua anaknya, Hunter Biden dan Beau Biden terluka parah, serta dilarikan ke rumah sakit.

Empat tahun setelahnya, Joe Biden menikah lagi dengan Jill Tracy Jacobs Biden. Istri kedua Joe Biden ini berprofesi sebagai guru Bahasa Inggris selama 13 tahun dan instruktur anak-anak berkebutuhan khusus. Kemudian, pada 2009, Jill Biden menjadi Profesor Bahasa Inggris di Northern Virginia Community College.

Saat ini, Joe Biden memiliki empat anak: Hunter Biden, Ashley Biden, Beau Biden, dan Naomi Biden. Dua anak Joe Biden meninggal, Beau Biden meninggal karena kanker otak, sementara itu Naomi Biden meninggal dalam kecelakaan pada 1972. Joe Biden juga adalah kakek dari tujuh cucu yang lahir dari pernikahan Hunter Biden dan Beau Biden.


Baca juga artikel terkait JOE BIDEN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Politik)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight