Fadli Zon Sarankan BNN Gandeng TNI untuk Berantas Narkoba

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 1 Maret 2018
Saat menghadiri pelantikan Kepala BNN yang baru, Fadli Zon mengatakan jika BNN perlu menjalin kerja sama dengan TNI untuk memberantas narkoba.
tirto.id - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyarankan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menjalin kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam memberantas persebaran narkoba.

"Jika perlu bisa melibatkan TNI dalam beberapa sisi terutama pengamanan wilayah laut kita, serta darat dan udara kemudian perbatasan yang memiliki perbatasan darat gitu," kata Fadli di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Karena, menurut Fadli, persebaran narkoba melibatkan jaringan internasional yang memasukkan barang haram tersebut dari wilayah perbatasan Indonesia dan butuh tindakan TNI untuk mengatasinya.

"Kita tidak ingin Indonesia jadi narkorepublic," kata Fadli.

Fadli mengaku turut menghadiri pelantikan Irjen (Pol) Heru Winarko sebagai kepala BNN menggantikan Budi Waseso di Istana Negara pagi ini. Heru dilantik langsung oleh Presiden Jokowi.

"Saya kira memang kita banyak berharap dari kepala BNN yang baru bisa memberantas narkoba," kata Fadli.

Heru sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi sejak 2015. Dia juga pernah menjadi staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menko Polhukam.

Selain itu, Heru juga pernah menjadi Kapolres Metro Jakarta Pusat dan menjadi Penyidik Utama Tingkat II Dittipid Eksus Bareskrim Polri pada 2009.

Pada tahun yang sama, Heru semlat dimutasi menjadi Wakil Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, lalu dimutasi kembali sebagai Wadir Tipid Korupsi Bareskrim Polri.

Serah terima jabatan (Sertijab) Budi Waseso ke Heru Winarko rencananya akan dilakukan pada Senin, 5 Maret mendatang di Kantor BNN.


Baca juga artikel terkait KEPALA BNN atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Yandri Daniel Damaledo