Fadli Zon Tanggapi Usulan Najwa & Tommy Tjokro Jadi Moderator Debat

Oleh: Haris Prabowo - 22 Januari 2019
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengusulkan untuk KPU mencari moderator dari kalangan akademisi di perguruan tinggi yang tidak memiliki hubungan politik dan independen.
tirto.id - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai bahwa dua moderator yang diusulkan untuk debat kedua Pilpres 2019, Najwa Shihab dan Tommy Tjokro, memiliki afiliasi politik tertentu dan tidak independen.

Hal ini mendorong Fadli untuk mengusulkan moderator harus dari kalangan akademisi.

"Saya enggak tahu ya, tapi dua-duanya kayaknya punya afiliasi politik gitu, loh. Kalau nama itu yang disebut ya mungkin agak kurang independen kali ya. Enggak, saya enggak mengatakan menolak," kata Fadli di kompleks DPR RI, Selasa (22/1/2019) pagi.

Fadli sendiri mengusulkan untuk KPU mencari moderator dari kalangan akademisi di perguruan tinggi yang tidak memiliki hubungan politik dan independen.

"Kalau bisa carilah orang yang memang tidak terafiliasi politik atau orang yang betul-betul independen. Cari itu akademisi banyak, perguruan tinggi pinter-pinter. Bukan hanya presenter saja yang bisa membawakan itu," lanjutnya.

Debat Pilpres 2019, kata Fadli, sudah seharusnya diserahkan kepada kaum intelektual yang masih objektif dan netral dalam memandang permasalahan.

"Justru menurut saya harus serahkan pada kaum intelektual, universitas, perguruan tinggi, cari dari mereka. Karena mereka menurut saya jauh lebih objektif dan tidak terlibat di dalam politik," katanya.

Debat kedua Pilpres 2019 digelar pada 17 Februari 2019. Debat tersebut mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.




Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri