Fadli Zon Tanggapi Soal Video Viral Surat Suara Dibakar di Papua

Oleh: Riyan Setiawan - 24 April 2019
Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberi tanggapan soal video yang viral di media sosial terkait pembakaran kotak dan surat suara di Distrik Tingginambut, Papua.
tirto.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyoroti video yang viral di media sosial terkait pembakaran kotak dan surat suara di Distrik Tingginambut, Papua. Fadli pun mengaku dirinya menyayangkan atas kejadian tersebut.

Sehingga dirinya mempertanyakan tugas penyelenggaran Pemilu dan juga aparat dalam melakukan pengamanan kotak dan surat suara Pemilu 2019.

"Lantas apa tugasnya penyelenggara pemilu? KPU dan Bawaslu di mana? Polisi di mana yang katanya mengamankan pemilu," kata Fadli saat di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Politikus Partai Gerindra itu pun meminta kepada penyelenggara pemilu dan aparat, jangan hanya mengamankan pemilu di daerah perkotaan saja. Sehingga mengakibatkan daerah pedesaan menjadi terbengkalai.

"Seharusnya di sana [Daerah pedesaan] dong, mengamankan agar sesuai konstitusi," tegas dia.

Menurutnya, pembakaran kotak dan surat suara di Distrik Tingginambut, Papua sebagai bencana dan penghinaan terhadap sistem demokrasi Indonesia. Sehingga dirinya meminta penyelenggara Pemilu untuk mengusut secara tuntas.

"Tanggungjawabnya apa penyelenggara pemilu dan pihak keamanan. Ini harus diusut tuntas," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno