Fadli Zon Sindir Jokowi yang Hobi Baca Komik Shin Chan dan Doraemon

Oleh: Bayu Septianto - 12 Februari 2019
Kata Fadli, "baru sekarang kita punya presiden bacanya (komik) Doraemon dan Shin Chan."
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menyindir Presiden Joko Widodo yang gemar membaca komik. Padahal, menurut Fadli, seorang pemimpin negara harus memiliki hobi membaca dan menulis.

Fadli bahkan membandingkan masalah kegemaran Jokowi ini dengan buku bacaan para pendiri bangsa, seperti Sutan Syahrir, Bung Hatta, hingga HOS Cokroaminoto.

"Sejarah kita diisi oleh para pemikir, para pejuang, semua tokoh dari beragam organisasi, baik dari nasionalis, sosialis, dan Islam, semua pemikir mereka adalah pembaca dan penulis sekaligus," kata Fadli dalam acara diskusi di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

"Kita tidak temukan tokoh pendiri bangsa yang tidak membaca dan menulis, baru sekarang kita punya presiden bacanya (komik) Doraemon dan Shin Chan," imbuh Fadli.

Fadli mengatakan, seorang pemimpin adalah pemikir yang akan membawa arah bangsa. Sehingga, kata dia, penting bagi seorang pemimpin untuk mengetahui banyak hal dengan membaca dan menulis. Namun, Fadli tidak melihat itu pada Jokowi.

"Ibaratnya nahkoda kapal, nahkoda ini enggak tahu, akhirnya muter-muter di laut, lalu kehabisan BBM, kapalanya bisa karam. Pulau tujuan yang mau dicapai tidak tercapai," pungkasnya.

Sebelumnya, sempat beredar potongan video wawancara Presiden Jokowi dengan salah satu stasiun TV swasta. Dalam wawancara itu, Jokowi mengaku lebih senang membaca komik ketimbang buku-buku politik. Komik yang dibaca Jokowi seperti cerita Shin Chan dan Doraemon.


Baca juga artikel terkait KOMIK atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto