Fadli: Ada Petugas KPPS yang Curang Coblos Surat Suara Sendiri

Oleh: Haris Prabowo - 22 April 2019
Fadli Zon juga mengatakan pentingnya mengapresiasi para saksi-saksi yang telah bekerja keras.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon merespons isu banyaknya petugas KPPS yang tewas karena menjaga surat suara di berbagai daerah di Indonesia. Ia mengatakan mengapresiasi kerja-kerja petugas KPPS.

Namun, ia juga menuding ada beberapa petugas KPPS yang berlaku curang dengan mencoblos sendiri surat-surat suara tersebut.

"Kita tentu para petugas KPPS yang jujur, yang betul-betul menegakkan harus kita apresiasi. Tapi ada juga mereka yang curang, mereka yang mencoblosi sendiri, saya kira itu tentu merupakan pengkhianat bagi rakyat karena suara rakyat yang dimanipulasi," kata Fadli saat ditemui di DPR RI, Senin (22/4/2019) pagi.

Tak hanya petugas KPPS, Fadli Zon juga mengatakan pentingnya mengapresiasi para saksi-saksi yang telah bekerja keras.

"Ya bukan hanya itu, termasuk saksi-saksi juga, saksi-saksi misalnya sebagai contoh saksi yang menjadi tim saya itu luar biasa, mereka berkerja mengawal suara, kan harusnya negara menjamin suara itu," katanya.

Ia menilai seharusnya tidak perlu ada saksi-saksi yang mengawal karena seharusnya negara menjamin keamanan pengawalan dari aparat.

"Enggak perlu dikawal-kawal [oleh saksi], harus ada trust, harus ada kepercayaan di negara mana ada suara dikawal-kawal [oleh saksi]. Enggak ada, cuman ada di Republik Indonesia. Di Amerika enggak ada tuh, enggak ada pengawalan suara [oleh saksi]," katanya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Nur Hidayah Perwitasari