Facebook Bakal Garap Smartwatch

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 1 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Smartwatch yang tengah dikembangkan Facebook ini dikabarkan akan dirilis pada 2022.
tirto.id - Kompetisi di ranah smartwatch kian ramai dengan rencana kedatangan jam pintar dari Facebook. Raksasa teknologi ini dikabarkan akan merilis perangkat tersebut pada pertengahan 2022.

Kabar ini datang dari The Verge yang mendapatkan informasi dari sumber yang mengetahui pengembangan perangkat yang dimaksud. Dirumorkan smartwatch besutan Facebook akan menampilkan display yang bisa dilepas dengan 2 kamera yang terintegrasi dengan jaringan FC, termasuk Instagram.

Kamera di bagian depan akan berguna untuk video calling, sedangkan kamera belakang--yang memiliki resolusi 1080 p dan kemampuan auto-focus--bisa dipakai untuk menangkap momen saat dilepas dari bingkainya.

Facebook juga dikatakan akan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membuat aksesoris jam tangannya. Perangkat itu--jika benar tengah dibuat--merupakan bagian dari rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk membangun lebih banyak lagi perangkat konsumen yang menyaingi Apple dan Google.

Dikutip dari BBC, perangkat itu juga akan menjadi pengontrol yang terhubung dengan kaca mata AR (Augmented Reality). Rumor lainnya mengatakan sebelumnya Facebook menjadi penawar terbesar brand smartwatch kebugaran FitBit yang akhirnya jatuh di tangan Google.

WearOS milik Google sendiri telah diakui menjadi pesaing terbesar WatchOS kepunyaan Apple meski kurang fitur-fitur utama. Pasar smartwatch juga telah diisi Samsung dengan Galaxy Gearnya, serta Xiaomi.

Rencana Facebook membuat jam tangan dimulai pada beberapa tahun lalu sejak penawaran FitBit. Sejak itu, perusahaan terebut menghabiskan sekitar 1 miliar dolar AS untuk mengembangkan versi pertama jam tangan mereka dan ratusan orang dilibatkan dalam pengerjaannya.

Selain dikabarkan akan dirilis pada musim panas 2022, smartwatch tersebut juga diprediksi akan dijual dengan harga sekitar 400 dolar AS. Juru bicara Facebook belum memberikan komentar resmi mengenai kabar tersebut.






Baca juga artikel terkait SMARTWATCH atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight