Fabio Silva dan Daftar Pemain Muda dengan Transfer Termahal

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 7 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Fabio Silva saat ini menjadi pemain sepakbola berusia belasan tahun dengan biaya transfer termahal ketujuh di dunia.
tirto.id - Wolverhampton Wanderers memecahkan rekor transfer saat menggaet Fabio Silva dari FC Porto pada Sabtu (5/9/2020) lalu. Remaja 18 tahun itu didatangkan dengan mahar 35,6 juta paun atau 40 juta euro.

CEO Wolves, Jeff Shi menyebut transfer tersebut merupakan permintaan Nuno Espirito Santo. Silva pun akan bergabung dengan sejumlah pemain Portugal yang menjadi pilar Wolves, seperti Diogo Jota, Rui Patricio, Ruben Neves, Joao Moutinho, dan Pedro Neto.

Bakat Fabio Silva di Porto telah lama menarik perhatian klub-klub besar di Eropa. Penyerang muda itu sebelumnya kerap dirumorkan dengan kepindahan ke Real Madrid dan Liverpool.

Di tim senior, Silva baru bermain 21 kali dan mencetak tiga gol pada musim ini. Namun, talentanya menjanjikan dan umum dijuluki sebagai penerus Cristiano Ronaldo.

Silva membuktikan kualitasnya di level tim U19 dengan membawa Porto juara UEFA Youth League 2018/2019. Di sepanjang turnamen itu, Silva mencetak lima gol dan empat assist. Sementara di timnas U19 Portugal, Silva bermain lima kali dan mencetak tiga gol.

Nilai transfer Silva pun membuatnya masuk dalam jajaran remaja pesepakbola termahal di dunia. Transfer 40 juta euro membuatnya menjadi pemain remaja termahal ketujuh.

Hanya ada enam pemain yang memiliki nilai transfer lebih mahal dari Silva saat berusia kurang dari 20 tahun. Berikut daftar enam pemain sepakbola berusia muda dengan biaya transfer paling mahal tersebut.

1. Kylian Mbappe (180 juta euro)

Penyerang AS Monaco itu menjadi remaja termahal saat direkrut Paris Saint-Germain dengan nilai total 180 juta euro pada 2018/2019. Semusim sebelumnya, Kylian Mbappe telah didatangkan ke Parc des Princes saat masih berusia 18 tahun.

Di PSG, Mbappe mampu menjadi pemain kunci kendati masih muda. Pada usia 21, Mbappe telah menyumbang 90 gol dan 51 assist untuk kampiun Ligue 1 Perancis tersebut.

2. Joao Felix (126 juta euro)

Joao Felix memecahkan rekor transfer Atletico Madrid ketika didatangkan pada awal musim lalu. Kendati baru melakoni debut bersama Benfica pada musim 2018/2019, Diego Simeone berani menggelontorkan dana besar untuk menggaet pemain berusia 19 tahun.

Felix diharapkan menjadi pengganti Antoine Griezmann yang pindah ke Barcelona. Kendati sempat sulit beradaptasi, Felix menampilkan permainan menjanjikan di paruh kedua musim 2019/2020.

3. Matthijs de Ligt (85,5 juta euro)

Matthijs de Ligt ditebus Juventus dengan mahar 85,5 juta euro kendati masih berusia 19 tahun. Di musim perdananya, walau klubnya sukses meraih Serie A, De Ligt gagal menampilkan performa terbaik. Meskipun demikian, eks bek Ajax Amsterdam ini diprediksi akan menjadi bagian penting dari rencana Andrea Pirlo musim depan.

4. Anthony Martial (60 juta euro)

Transfer Anthony Martial ke Manchester United pada musim 2015/2016 sempat menuai kritik. MU dinilai menggelontorkan dana terlalu banyak untuk pemain berusia 19 tahun.

Pada mulanya, eks penyerang AS Monaco itu sempat kesulitan mengembangkan permainan di Old Trafford. Namun, Martial terus menunjukkan kemajuan signifikan di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjaer. Pada musim 2019/2020, pemain berkebangsaan perancis ini mencetak 17 gol dari 32 partai Premier League.

5. Rodrygo (45 juta euro)

Winger Santos ini direkrut Real Madrid dengan mahar 45 juta euro pada awal musim lalu. Rodrygo pun sukses mengesankan Zinedine Zidane dan diturunkan dalam 26 laga pada 2019/2020. Dari 26 penampilan tersebut, Rodrygo mencetak tujuh gol dan tiga assist.

6. Vinicius Junior (45 juta euro)

Real Madrid menebus penyerang dari Flamengo ini pada 2018. Saat itu, usia Vinicius Junior baru 18 tahun. Vinicus diproyeksikan menjadi calon pengganti Cristiano Ronaldo di posisi penyerang sayap, dalam rencana jangka panjang Madrid. Sejak 2018/2019, Vinicius telah bermain 69 kali, mencetak delapan gol dan 16 assist.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Addi M Idhom
DarkLight