Menuju konten utama

Situs www.pln.co.id dan Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN

Cara dapatkan token tistrik gratis dan diskon 50 persen melalui website PLN stimulus.pln.co.id.

Situs www.pln.co.id dan Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

tirto.id - Sebagai salah satu stimulus COVID-19, PLN memberikan token gratis untuk pelanggan pada periode Agustus 2020.

Pada periode Agustus ini, pelanggan dapat mengakses stimulus.pln.co.id untuk mendapat token listrik gratis secara online.

Program token listrik gratis ini berlaku untuk pelanggan 450 VA. Namun mekanismenya berbeda untuk pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar.

Pelanggan dengan listrik daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada Agustus.

Pelanggan dengan daya listrik 450 VA prabayar dapat memperoleh token gratis tersebut dengan mengirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Sementara pelanggan dengan 900 VA bisa memperoleh token gratis 50 persen. Cara memperolehnya pun melalui Whatsapp atau situs web PLN di www.pln.co.id.

Cara Klaim Token Listrik Gratis di Stimulus PLN

Cara dapatkan token tistrik gratis dan diskon 50 persen melalui website PLN stimulus.pln.co.id:

1. Buka situs www.pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan, dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19

3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter

4. Token gratis akan ditampilkan di layar, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Selain melalui online, pelanggan juga bisa mendapatkannya via WhatsApp atau secara offline dengan melapor ke perangkat desa bagi pelanggan PLN yang tidak memiliki akses internet.

Cara Dapat Token Gratis PLN Melalui WhatsApp

Cara dapatkan token tistrik gratis dan diskon 50 persen melalui WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123

3. Ikuti petunjuk, salah satunya adalah dengan memasukkan ID Pelanggan

4. Token gratis akan muncul yang dapat dimasukkan ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Pelanggan yang tidak memiliki akses internet juga bisa menikmati fasilitas token listrik gratis dari PLN.

“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (persero) Bob Saril dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dikutip Antara News.

Bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik, tetapi tinggal di daerah terpencil tanpa akses internet, maka bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

“Nanti nomor token akan diberikan melalui perangkat desa,” kata Bob.

Hal ini juga berlaku bagu pelanggan yang tidak memiliki akun WA. Selain mendatangi perangkat desa, pelanggan juga bisa menelepon kontak PLN 123 dan minta disambungkan kepada pelayanan pelanggan dan akan diarahkan untuk dapat token gratis atau diskon 50 persen.

Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat di seluruh penjuru Indonesia dengan membawa nomor ID pelanggan PLN.

Cara Dapat Token Gratis PLN Secara Offline

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki akses internet, PLN juga menyediakan layanan listrik gratis dengan cara offline.

Bagi yang menggunakan cara offline, pengguna harus melapor ke perangkat desa setempat.

“Untuk masyarakat terpencil atau susah akses internet, masih banyak cara untuk bisa klaim token listrik gratis,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (persero) Bob Saril dalam konferensi pers di Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Cara pertama adalah bagi pelanggan yang berhak menerima subsidi listrik, namun tinggal di daerah terpencil tanpa akses internet, maka bisa mendatangi perangkat desa terdekat, kemudian meminta perangkat desa mencatat ID PLN dan melaporkan melalui perangkat desa kepada PLN.

“Nanti nomor token akan diberikan melalui perangkat desa,” kata Bob. Begitu pula bagi pelanggan yang tidak memiliki akun WA.

Selain itu jika masih ada akses telepon, kata dia, bisa menghubungi kontak PLN 123 dan minta disambungkan kepada pelayanan pelanggan, nanti akan diarahkan oleh layanan pelanggan.

Langkah terakhir apabila tidak ada internet dan telepon, maka pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat di seluruh penjuru Indonesia.

“Yang terpenting adalah nomor ID Pelanggan PLN selalu dicatat untuk dimintakan informasi kepada kantor PLN atau perangkat desa,” katanya.

Baca juga artikel terkait PLN atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH