Europa League: Beda Nasib Dua Klub London pada Leg Pertama 32 Besar

Oleh: Audy Muhammad Lanta - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Arsenal kalah 1-0 dari BATE Borisov di Liga Eropa pada Jumat (15/2/2019) sedangkan Chelsea menang 1-2 dari Malmo.
tirto.id - Arsenal dan Chelsea sama-sama melakoni laga tandang pada leg pertama 32 besar Liga Eropa, Jumat (15/2/2019). Namun, dua klub asal London tersebut mendapatkan hasil yang berbeda.

The Blues yang berstatus sebagai tamu saat melawan Malmo di Stadion Swedbank menang 1-2 dari Malmo. Dua gol Chelsea tercipta melalui Ross Barkley dan Olivier Giroud.

Kemenangan Chelsea kontra Malmo ini meringankan sedikit tekanan pelatih Maurizio Sarri yang mengatakan “pekerjaannya dalam bahaya” setelah The Blues ditaklukkan Manchester City 6-0 di Liga Inggris pada Minggu (10/2).

Ross Barkley menjadi man of the match veri Whoscored dalam laga tersebut. Ia melesatkan 3 kali tembakan, 2 di antaranya mengarah ke gawang Malmo dan berujung sebuah gol. Menyentuh bola sebanyak 69 kali, ia memiliki 89.6% akurasi umpan dengan menciptakan 1 kali umpan kunci, diikuti dengan kemenangan duel udaranya sebanyak 2 kali.

Jika Chelsea menang atas Malmo, Arsenal justru tumbang oleh BATE Borisov saat bertandang ke Borisov Arena dengan skor akhir 1-0. Gol tunggal Stanislav Dragun membawa Borisov unggul atas tamunya, diikuti dengan kartu merah Alexandre Lacazzete pada menit 85.

Terkait kartu merah Lacazette, Unai Emery dikutip BBC menuturkan, "Saya tidak melihat tindakannya [yang menyebabkan pengusiran dari wasit], tetapi kami sudah berbicara dan frustasi perlu dikendalikan. Ini berita buruk. Minggu depan kami akan bermain tanpanya, tetapi sekarang kami berpikir [menyusun strategi] dengan para pemain yang tersedia untuk [leg kedua] minggu depan."

Dalam laga BATE kontra Arsenal, Stanilav Dragun keluar sebagai man of the match versi Whoscored. Ia tercatat menyentuh bola sebanyak 46 kali dengan akurasi umpan sebesar 30%, ia melesatkan 1 kali tendangan dan mengarah ke gawang Arsenal yang berujung gol. Ia juga tercatat memenangkan duel di udara sebanyak 4 kali.

Data Fakta Pertandingan Chelsea & Arsenal
OptaJoe mencatat bahwa Ross Barkley baru saja menciptakan gol pertamanya bersama Chelsea di kompetisi Eropa dalam penampilannya yang ke-6 untuk The Blues pada musim 2018/2019.

Olivier Giroud merupakan pemain Chelsea pertama yang mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut di kompetisi Eropa sejak Victor Moses pada Mei 2013, tahun ketika mereka memenangkan Liga Eropa.

Gol pembuka dari Stanislav Dragun untuk Borisov merupakan gol pertama yang membobol Arsenal di Liga Eropa sejak pertandingan pertama musim ini melawan Vorska Poltava. Gol Dragun itu mengakhiri rentetan lima pertandingan dan 495 menit pertahanan Arsenal tanpa membiarkan sebuah gol saja masuk ke gawang mereka.

Alexandre Lacazette merupakan pemain Arsenal pertama yang dikeluarkan dari lapangan di kompetisi Eropa sejak Laurent Koscielny pada saat melawan Bayern Munchen di Liga Champions pada Maret 2017.

Baca juga artikel terkait LIGA EROPA atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Audy Muhammad Lanta