Copa del Rey 2019

Ernesto Valverde Kesampingkan Masa Depan Demi Trofi Copa del Rey

Oleh: Beni Jo - 25 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sang arsitek tim Ernesto Valverde anya ingin timnya meraih kemenangan di laga final Copa del Rey melawan Valencia (26/5/2019).
tirto.id - Ernesto Valverde menyatakan tidak terlalu memperdulikan tentang masa depannya bersama Barcelona untuk musim kompetisi mendatang. Bahkan, eks pelatih Athletic Bilbao itu malah mengesampingkan tentang pekerjaannya di Camp Nou hanya demi misi meraih trofi Copa del Rey 2018/2019.

"Saya sekarang tidak memikirkan [pekerjaan saya di Barcelona], hanya meraih kemenangan [di final Copa del Rey]," beber Valverde dilansir Marca pada Sabtu (25/5/2019).

"Semua pelatih pasti tahu bahwa pekerjaannya selalu ada dalam bahaya setiap harinya dan kami adalah bagian dari pertunjukan itu," tambahnya mengenai masa depan di Camp Nou untuk musim kompetisi mendatang.

Valverde sendiri didatangkan oleh Blaugrana pad Mei 2017 silam. Dua tahun bersama Barca, dirinya mampu mempersembahkan dua gelar La Liga 2017/2018 dan 2018/2019. Itu artinya, pelatih 55 tahun itu selalu merengkuh trofi La Liga selama kariernya di Barcelona dalam dua musim tersebut.

Selain itu, juru taktik yang juga pernah menangani Valencia itu berpeluang kembali menghadirkan double winners untuk publik Catalunya jika mampu merengkuh trofi Copa del Rey 2018/2019 saat meladeni Los Che di Stadion Benito Villamarin.

Jika mampu mengalahkan mantan tim asuhannya itu, Valverde pun akan menyamai raihan musim lalu. Ketika itu, di bawah asuhannya Barca mengawinkan trofi La Liga 2017/2018 dengan Copa del Rey pada musim yang sama.

Saat ini pun peluang terciptanya catatan tersebut semakin besar setelah berhasil menjuarai Liga Spanyol 2018/2019 dan lolos final Copa del Rey.

Mengutip laman Transfermarkt, pelatih yang mempunyai rata-rata masa pengabdian selama 1,66 tahun bersama tim yang dilatihnya itu akan habis masa kontraknya pada 30 Juni 2020 mendatang usai didatangkan dari Athletic Bilbao pada 30 Juni 2017.

Menyangkut prestasinya musim ini, pelatih yang juga pernah menjadi pemain Barcelona pada 1988-1990 itu pun menyangkal bahwa timnya meraih hasil buruk. Dirinya bahkan memberi contoh beberapa tim yang juga mengalami kesulitan pada musim ini.

"Anda tidak harus melihat posisi pada musim ini. Itu tidak hanya terjadi pada saya. Marcelino mempunyai masanya [bersama Valencia], [Real] Madrid telah berganti pelatih dua kali. Anda lihat tim-tim [di Spanyol] dan semuanya mengalami kesulitan," pungkas Valverde.




Baca juga artikel terkait COPA DEL REY atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Beni Jo
Editor: Yantina Debora
DarkLight