Erick Thohir Dorong Swasta Garap 5 Destinasi Wisata Prioritas

Oleh: Haris Prabowo - 26 Oktober 2019
Menteri BUMN Erick Thohir akan mendorong swasta tertarik berinvestasi terutama di 5 destinasi wisata unggulan Indonesia.
tirto.id - Setelah rapat koordinasi di Kementerian PUPR, Sabtu (26/10/2019) pagi, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah akan mengoptimalkan potensi pembiayaan dari investor swasta untuk meningkatkan kualitas layanan pariwisata di lima destinasi prioritas, selain mengandalkan sumber pendanaan dari APBN.

"Kami terus bersinergi sesuai dengan visi presiden untuk menciptakan lapangan kerja, membangkitkan ekonomi nasional termasuk UMKM, dan investor dari luar negeri yang selama ini beliau [Presiden Joko Widodo] sendiri sudah dekati," kata Erick, seperti dikutip dari Antara.

Lima destinasi prioritas tersebut adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Menggandeng investor swasta diyakini dapat mempercepat peningkatan devisa negara dan memperbaiki defisit transaksi berjalan.

Dia menargetkan semua tuntas pada akhir 2020, atau hanya satu tahun lebih sedikit dari sekarang.

Kemen BUMN juga akan melibatkan empat kementerian Kabinet Indonesia Maju yang membidangi infrastruktur, investasi, dan pariwisata. Mereka adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan apa yang dikatakan Erick.

"Tidak mungkin kita mengandalkan dana APBN saja," ujar Budi.



Baca juga artikel terkait WISATA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Rio Apinino
DarkLight