Erick Thohir Dorong Startup Perluas Lapangan Kerja di Indonesia

Sumber: Antara, tirto.id - 26 Sep 2022 17:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Erick Thohir mengatakan, pembentukan perusahaan rintisan atau startup dipercepat untuk membuka dan memperluas lapangan kerja di Indonesia.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembentukan perusahaan rintisan atau startup dipercepat untuk membuka dan memperluas lapangan kerja di Indonesia.

"Memang itu yang kita dorong hari ini, bagaimana pembukaan dan perluasan lapangan kerja mayoritas di UMKM, tidak lain salah satunya melalui percepatan startup," ujarnya dikutip Antara, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Sebagai contoh ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu startup, bagaimana mengonsolidasikan petani untuk melakukan produksi menjadi salah satu jenis hortikultura dengan ukuran dan kualitas yang sama.

"Hal ini pun membuka lapangan pekerjaan. Tidak mungkin yang namanya pembukaan lapangan pekerjaan itu hanya dilakukan oleh pemerintah atau BUMN. Namun, justru seperti yang saya tekankan sejak awal program-program BUMN bersama UMKM dan siapa pun itu yang bisa mendorong lapangan pekerjaan," kata Erick.

Dia juga menambahkan berdasarkan riset terakhir sekitar 70 persen anak muda Indonesia menginginkan untuk menjadi wirausahawan. Hal ini tentunya juga mendorong pembukaan dan perluasan lapangan pekerjaan. Dengan demikian, lapangan pekerjaan harus dibangun bersama-sama.

Sebelumnya, pada pertemuan para menteri buruh dan tenaga kerja G20 atau Labour and Employment Ministers’ Meeting (LEMM) menghasilkan lima dokumen kesepakatan.

Salah satu dokumen kesepakatan tersebut adalah mengenai Policy Recommendation on Promoting Entrepreneurship and Supporting MSMEs as a Job Creation Instrument.

Dokumen tersebut berisi tentang kesepakatan komitmen untuk mendukung perluasan kesempatan kerja yang inklusif dan berkelanjutan melalui pengembangan dan dukungan terhadap program kewirausahaan dan UMKM.


Baca juga artikel terkait BISNIS STARTUP atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight