Erick Thohir Angkat Wamenhan Jadi Komisaris Utama LEN Industri

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 20 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Wamenhan Herindra menggantikan posisi Dean Arslan yang digeser menjadi Komisaris Independen PT Len Industri.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama PT Len Industri (Persero). Herindra menggantikan posisi Dean Arslan yang digeser menjadi Komisaris Independen PT Len Industri.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-274/MBU/08/2021.

“Hari ini pemegang saham melakukan pergantian Komisaris Utama Len. Langkah ini berkaitan dengan keseriusan langkah pemerintah dalam menugaskan PT Len Industri sebagai Ketua Holding BUMN Industri Pertahanan, DEFEND ID, yang ditargetkan holdingisasi dapat tercapai di tahun 2021," jelas Direktur Utama PT Len Industri, Bobby Rasyidin dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Berikut susunan Dewan Komisaris PT Len Industri per 19 Agustus 2021:
- Muhammad Herindra sebagai Komisaris Utama
- Zuryati Simbolon sebagai Komisaris
- Bambang Kusharto sebagai Komisaris
- Dean Arslan sebagai Komisaris Independen
- Rindoko Dahono sebagai Komisaris Independen
- Helvi Yuni Moraza sebagai Komisaris Independen

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer pada 1987. Pria kelahiran Magelang, 30 November 1964, itu meraih Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik di angkatannya.

Karir militer Herindra dimulai dari komandan peleton, menanjak ke Komandan Resimen Sandiyudha, hingga Komando Pasukan Khusus. Kemudian pada 2015-2016 ia menjabat Komandan Jenderal Kopassus (Danjen Kopassus). Sebelum itu, pada 2015 Herindra sempat menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) Siliwangi.

Herindra kemudian menjabat Panglima Kodam Siliwangi pada 2016-2017. Sebelum menjadi Wamenhan, Herindra dipercayai untuk menjadi Kepala Staf Umum TNI dan meraih pangkat Inspektur Jenderal TNI pada 2018.


Baca juga artikel terkait PT LEN INDUSTRI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight