Erick Angkat Influencer Pendukung Jokowi Jadi Komisaris PELNI

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 2 November 2020
Erick Thohir mengangkat Kristia Budiyarto atau akrab disapa Kang Dede sebagai komisaris independen PELNI.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali merombak jajaran komisaris PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) pada Senin (2/11/2020). Erick pun mengangkat Kristia Budiyarto atau akrab disapa Kang Dede sebagai komisaris independen.

Kang Dede dikenal sebagai salah satu influencer yang kerap memberi dukungan pada pemerintah terutama Presiden Jokowi. Dalam akun Twitter @kangdede78, Dede misalnya mengunggah manfaat UU Cipta Kerja yang disahkan pemerintah untuk meningkatkan investasi di RI. Dede menggantikan Widodo Hario Mumpuni.

Selain Dede, Erick juga menunjuk Iwan Taufiq Purwanto sebagai komisaris. Iwan adalah Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Iwan menggantikan Marwanto Harjowiryono.

“Hari ini kami telah menerima komisaris baru di PELNI, manajemen berharap dengan kehadiran dua komisaris baru di PELNI dapat mendukung dan mensukseskan visi misi Perusahaan serta dapat mengembangkan potensi bisnis Perusahaan,” ucap Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis PELNI, Senin (2/11/2020).

Penunjukan keduanya didasari surat Kementerian BUMN Nomor: SK-354/MBU/11/2020. Penunjukan komisaris dilakukan secara virtual.

Adapun susunan akhir komisaris PT PELNI setelah penunjukan ini adalah sebagai berikut:

1. Ali Masykur Musa : Komisaris Utama

2. Haryo Indratno : Komisaris

3. Wahju Aji : Komisaris

4. Eddy Susanto Soepadmo : Komisaris

5. Iwan Taufiq Purwanto : Komisaris

6. Kristia Budiyarto : Komisaris Independen


Baca juga artikel terkait KOMISARIS BUMN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Abdul Aziz
DarkLight