Empat Taman Kota di Jakarta Pusat Kembali Dibuka

Reporter: - 13 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Empat taman kota di Jakpus dibuka. Setelah itu bakal menyusul taman-taman lain
tirto.id - Empat taman kota di Jakarta Pusat kembali dibuka untuk memfasilitasi warga berwisata di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM), Sabtu (13/3/2021). Tamam tersebut adalah Taman Lapangan Banteng, Taman Sumenep Promade, Taman Setara Tanamur Taman Setara--yang dibuat khusus untuk penyandang disabilitas, dan Taman FO Slipi.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengatakan taman-taman itu "dibuka dengan maksimal kapasitas 50 persen." Mengutip Antara, disiagakan pula petugas khusus untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang ingin berwisata di taman-taman kota Jakarta selama PPKM berlangsung adalah mengikuti jalur yang sudah diberi tanda di taman, tetap menjaga jarak, dan tidak mengumpulkan kerumunan massa.

Selain membatasi jumlah pengunjung dan menyiapkan pengawasan, di taman-taman itu juga sudah disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan. Ia juga berharap warga berpartisipasi aktif dengan memastikan datang ketika bersuhu tubuh normal.

Juga tidak melupakan menggunakan masker. "Atau membawa handsanitizer untuk proteksi diri," ujar Mila.

Jika pembukaan taman kota ini sukses, dalam arti tidak jadi tempat pelanggaran protokol kesehatan, bukan tidak mungkin akan ada taman-taman lain yang juga dapat diakses kembali.

"Kita lihat dulu hasil evaluasinya. Kalau ternyata masyarakat bisa patuh sama penerapan protokol kesehatan dan hasilnya baik tentu taman- taman lainnya kita buka bertahap," kata Mila.

PPKM diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga 22 Maret 2021 dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 213 Tahun 2021.


Baca juga artikel terkait PPKM JAKARTA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Rio Apinino
DarkLight