Empat Film 80-an di Netflix: Ada Red Dawn dan Lethal Weapon

Oleh: Sirojul Khafid - 17 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa film era 1980-an yang bisa kita tonton di Netflix, berikut review dan sinopsisnya.
tirto.id - Bagi sebagian orang, nostalgia merupakan hal menyenangkan. Selain bisa mengingat masa-masa indah di masa lalu, nostalgia juga bisa menjadi pembelajaran untuk kehidupan saat ini atau masa depan.

Salah satu cara mengenang nostalgia bisa dengan menonton film. Walaupun secara teknis belum secanggih sekarang, namun film-film lawas justru bisa memberikan pengalaman berbeda pada kita.

Ada beberapa film era 1980-an yang saat ini bisa kita tonton di Netflix. Dilansir dari Collider dan Looper, berikut empat film 80-an yang bisa kita tonton di Netflix:

1. Ferris Bueller's Day Off

Ferris merupakan seorang anak jalanan yang pintar. Dia tahu banyak trik, dari yang berguna sampai trik untuk mengganggu orang lain. Pada hari libur sekolah, Ferris dan teman-temannya menggunakan tas sebagai trik untuk membingungkan kepala sekolah yang mencurigai para siswa.

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Matthew Broderick, Mia Sara, Alan Ruck, Jeffrey Jones, Jennifer Grey, Cindy Pickett, Lyman Ward, Edie McClurg, dan Charlie Sheen. Ferris Bueller's Day Off yang rilis tahun 1986 ini berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah John Hughes.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor film ini sebesar 80 persen, sementara penonton memberi skor 92 persen. IMDb memberi skor 7,8 dari 10. Selama penayangannya di bioskop, Box Office Mojo mencatat pendapatan total film ini yaitu lebih dari 70 juta dolar Amerika Serikat (AS).

2. She's Gotta Have It

Nola Darling merupakan seorang perempuan muda yang berpikiran mandiri. Dia tahu hal yang dia sukai dan yang dia inginkan dari hidup. Darling perempuan yang menarik, suka seks, dan tidak kesulitan menarik pria.

Dia berpacaran dengan tiga pria yang sangat berbeda secara bersamaan. Jamie Overstreet merupakan tipe patriarkis yang pengontrol dan protektif. Greer Childs merupakan model yang kaya dan sombong.

Sementara Mars Blackmon merupakan pelawak lucu, remaja, dan belum dewasa. Kebimbangan terjadi saat ketiga pria tersebut saling cemburu. Darling perlu memutuskan arah hidupnya, walaupun tentu tidak semua bahagia.

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Tracy Camilla Johns, Tommy Redmond Hicks, John Canada Terrell, Spike Lee, Raye Dowell, Joie Lee, S. Epatha Merkerson, Bill Lee, Cheryl Burr, Aaron Dugger, dan Stephanie Covington. She's Gotta Have It yang rilis pada tahun 1986 ini berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Spike Lee.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor film ini sebesar 91 persen, sementara penonton memberi skor 73 persen. IMDb memberi skor 6,7 dari 10. Selama penayangannya di bioskop, Box Office Mojo mencatat pendapatan total film ini yaitu lebih dari tujuh juta dolar AS.

3. Red Dawn

Sekelompok remaja Amerika mempunyai misi menyelamatkan kota dan negara mereka. Kala itu, ada serangan dari pasukan Soviet. Berlatar Perang Dunia III, satu-satunya cara untuk melawan pasukan Soviet yaitu dengan bergerilya.

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Patrick Swayze, C. Thomas Howell, Lea Thompson, Charlie Sheen, Darren Dalton, Jennifer Grey, Brad Savage, dan Doug Toby. Red Dawn yang rilis tahun 1984 ini berada dalam arahan sutradara John Milius dengan Kevin Reynolds membantu dalam hal penulisan naskah.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor film ini sebesar 46 persen, sementara penonton memberi skor 65 persen. IMDb memberi skor 6,4 dari 10. Selama penayangannya di bioskop, Box Office Mojo mencatat pendapatan total film ini yaitu lebih dari 38 juta dolar AS.

4. Lethal Weapon

Dua polisi tua yang bekerja di Los Angeles Police Department harus kembali beraksi. Mereka akan mencegah bos penjahat asal Tiongkok yang berusaha membebaskan adiknya di penjara.

Beberapa pemain yang bergabung di antaranya Mel Gibson, Danny Glover, Gary Busey, Mitchell Ryan, Tom Atkins, Darlene Love, dan Traci Wolfe. Lethal Weapon yang rilis tahun 1987 ini berada dalam arahan sutradara Richard Donner serta penulis naskah Shane Black dan Jeffrey Boam.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor film ini sebesar 82 persen, sementara penonton memberi skor 86 persen. IMDb memberi skor 7,6 dari 10. Selama penayangannya di bioskop, Box Office Mojo mencatat pendapatan total film ini yaitu lebih dari 120 juta dolar AS.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight