Elton John Hingga Chris Hemsworth Beri Bantuan untuk Australia

Oleh: Adrian Samudro - 8 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Elton John dan Chris Hemsworth masing-masing telah menyumbangkan satu juta dolar AS untuk membantu korban kebakaran hutan di Australia.
tirto.id - Kebakaran hutan di New South Wales, Australia sejak September lalu itu telah menyebabkan musnahnya habitat hewan - hewan liar asli Australia seperti kanguru, koala, burung, reptil dan lainnya.

Ribuan rumah telah hilang, lebih dari lima juta hektar hutan dan lahan pertanian hangus, serta menewaskan sedikitnya 25 orang dan setidaknya ratusan juta hewan, termasuk spesies mamalia, unggas, dan reptil.

Peristiwa itu telah menggerakkan rasa empati sebagian besar orang di dunia, termasuk para pesohor dan artis ternama yang turut memberikan bantuan.

Penyanyi Elton John dan aktor Chris Hemsworth merupakan salah dua donatur yang masing-masing telah menyumbangkan satu juta dolar AS untuk membantu korban kebakaran hutan di Australia.

Elton John mengumumkan donasi tersebut dalam konsernya di Sydney dan mendapat tepuk tangan yang meriah dari kerumunan penonton konser sebagai apresiasi atas kepeduliannya.

"Kita semua harus kagum dengan pekerjaan yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran," ujar John, dikutip dari Variety.

"Ada orang-orang di luar sana yang kehilangan nyawanya karena berusaha menyelamatkan rumah, ada orang-orang yang kehilangan nyawa dan rumah mereka, dan terakhir, ada penderitaan hewan, hilangnya habitat mereka yang jumlahnya sangat besar dan itu memilukan," lanjut penyanyi berusia 72 tahun itu.

Dilansir dari CNN, diperkirakan ada sekitar 480 juta hewan, termasuk sepertiga jumlah koala, yang menjadi korban akibat kebakaran hutan di Australia tersebut.


Sementara itu, aktor kelahiran Melbourne, Australia, Chris Hemsworth, memberikan dukungan dengan berbagi berita tentang penggalangan dananya melalui media sosial.

"Seperti kalian, saya ingin mendukung perang melawan kebakaran hutan di Australia," tulis Hemsworth di akun Instragam miliknya.

"Semoga kalian juga bisa ikut membantu. Setiap sen berharga, jadi apa pun yang bisa kalian kumpulkan sangat berarti. Dalam bio saya, saya telah menambahkan tautan untuk mendukung petugas pemadam kebakaran, organisasi dan badan amal yang bekerja keras untuk memberikan dukungan dan bantuan selama masa yang berat ini," lanjut pemeran "Thor" itu.

Selain itu, pelantun "What About Us", PINK, juga turut memberi bantuan dengan menyumbangkan 500 ribu dolar AS. Ia juga berbagi informasi kepada para penggemarnya tentang badan amal yang dapat mereka hubungi jika ingin ikut serta melakukan donasi.

Musikus, DJ dan produser kelahiran Sydney, Flume, juga telah menyumbangkan 100 ribu dolar AS melalui penyalur bantuan WIRES Wildfire Rescue, yang bergerak dalam menyelamatkan satwa liar.

Ada pula sederet nama lainnya seperti Selena Gomez, Keith Urban, dan Kacey Musgraves yang telah menyalurkan bantuan atas kepeduliannya terhadap bencana kebakaran hutan tersebut.

Komedian Australia, Celeste Barber juga telah mengulurkan tangannya dengan penggalangan dana yang berhasil ia kumpulkan sebanyak 30 juta dolar AS dari lebih 1,1 juta orang yang nantinya akan disalurkan kepada pihak terkait.

Para selebritas lain, termasuk Kylie Minogue dan artis pemenang Oscar, Nicole Kidman, juga ikut dalam memberikan bantuannya untuk Australia, demikian diwartakan BBC dan Grammy.


Baca juga artikel terkait KEBAKARAN HUTAN DI AUSTRALIA atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight