Elliot Page Jalani Pilihan sebagai Transgender

Oleh: Yulaika Ramadhani - 2 Desember 2020
Dibaca Normal 2 menit
Aktris nominator Oscar Ellen Page mengumumkan bahwa dirinya transgender dan mengubah namanya menjadi Elliot Page.
tirto.id - Ellen Page, aktris nominator Oscar yang pernah membintangi Juno dan The Umbrella Academy, telah mengumumkan bahwa dirinya transgender dan mengubah namanya menjadi Elliot Page.

Sebagaimana dikutip dari pernyataan resmi yang ia bagi di akun media sosialnya, Page mengungkapkan rasa terima kasih yang luar biasa untuk mereka yang telah mendukungnya.

"Hai teman-teman, saya ingin mengumumkan bahwa saya trans dengan nama Elliot. Saya merasa sangat bersyukur atas orang-orang luar biasa yang telah mendukung saya sepanjang perjalanan ini," tulisnya.

Page juga menyatakan akan menggunakan kata ganti he/him dan they/them serta menggambarkan dirinya sebagai transgender dan non-biner, yang berarti bahwa identitas gender mereka bukanlah laki-laki atau perempuan.

"Betapa luar biasa rasanya, akhirnya saya bisa dengan cukup mencintai apa adanya diri saya. Saya selalu terinspirasi oleh begitu banyak teman di komunitas trans. Terima kasih atas keberanian kalian, kemurahan hati kalian, yang tanpa henti bekerja untuk menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih inklusif dan penuh kasih," tulisnya.

Page juga mengecam keras prasangka negatif dan institusional terhadap orang-orang trans.

"Kepada para pemimpin politik yang bekerja untuk mengkriminalisasi perawatan kesehatan trans dan menolak hak kami untuk hidup dan kepada semua orang yang memiliki platform besar yang terus memuntahkan permusuhan terhadap komunitas trans: Tangan kalian berlumuran darah. Kalian membuat kemarahan keji dan merendahkan yang mendarat di pundak komunitas trans, sebuah komunitas di mana 40 persen orang dewasa trans melaporkan mencoba bunuh diri. Sudah cukup.. Anda menyakiti orang. Aku salah satunya dan kami tidak akan diam menghadapi serangan kalian," tegas Page.

Transgender Ellen page
Pernyataan Transgender Ellen page. twitter/Glaad/Ellen Page


Penampilan Page di film Juno (2007) telah membawanya ke banyak panggung penghargaan, mulai dari nominasi di Academy Awards, Golden Globes, hingga BAFTA Awards.

Selain Juno, ia juga berperan dalam film karya Christopher Nolan Inception, beberapa film X-Men dan remake Flatliners tahun 2017. Saat ini, Page membintangi serial Netflix The Umbrella Academy.

Page, yang telah lama menjadi pendukung utama hak-hak LGBTQ, menikah dengan penari dan koreografer profesional Emma Portner pada 2018.


Sementara itu, Istri Page, Emma Portner, berbagi dukungan di akun Instagram-nya sendiri.

Portner menulis, "Saya sangat bangga dengan @elliotpage. Trans, queer dan non-biner adalah hadiah untuk dunia ini. Saya juga meminta kesabaran & ruang privasi, namun kita masih tetap bisa bergabung dalam mendukung kehidupan trans setiap harinya. Keberadaan Elliot adalah anugerah tersendiri."

Direktur Media Transgender GLAAD, Nick Adams turut mendukung keputusan Page.

"Elliot Page telah memberi kami karakter yang fantastis di layar, dan telah menjadi pendukung vokal bagi semua orang LGBTQ. Dia sekarang akan menjadi inspirasi bagi banyak orang trans dan non-biner. Semua transgender berhak mendapatkan kesempatan untuk menjadi diri kita sendiri dan diterima apa adanya. Kami merayakan Elliot Page yang luar biasa hari ini."

Netflix mengumumkan pada bulan November 2020 bahwa mereka membagikan musim ketiga dari serial The Umbrella Academy, yang mana Page membintangi Vanya Hargreeves (dan akhirnya, The White Violin) di film tersebut. Sumber mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa Page akan melanjutkan perannya tersebut.

Pihak Netflix juga memberi selamat kepada Page dengan menulis di Twitter, "Sangat bangga dengan superhero kita! KAMI MENCINTAIMU ELLIOT! Tidak sabar untuk melihat kamu kembali di musim 3!" Akun Umbrella Academy sendiri membagikan hal yang sama di Twitter.

Banyak pesohor di Hollywood yang mendukung Page di media sosial, termasuk Natasha Lyonne, Miley Cyrus, Emmy Rossum, Olivia Munn, dan Alyssa Milano.


Baca juga artikel terkait ELLEN PAGE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight