Berita Internasional Terkini

Eks PM Jepang Shinzo Abe Meninggal: Siapa Pelaku Penembakannya?

Penulis: Alexander Haryanto - 8 Jul 2022 17:24 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Eks PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 8 Juli 2022 setelah ditembak.
tirto.id - Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang terlama meninggal dunia setelah ditembak pada hari ini, Jumat, 8 Juli 2022. Hal ini mengejutkan para pemimpin dunia karena sangat jarang terjadi kekerasan politik Jepang dan aturan senjata pun sangat ketat.

The Guardian melaporkan, setelah ditembak Abe sempat diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter.

Rumah sakit sudah mencoba menyelamatkannya, tetapi nyawa Abe tak tertolong dan dia meninggal pada pukul 17.03 (0803 GMT), sekitar lima setengah jam setelah dia ditembak.

Seorang dokter mengatakan Abe telah mati kehabisan darah karena dua luka dalam, satu di sisi kanan lehernya. Perdana menteri, Fumio Kishida, mengutuk penembakan itu dalam "istilah yang paling keras".

"Serangan ini adalah tindakan kebrutalan yang terjadi selama pemilihan - dasar dari demokrasi kita - dan benar-benar tak termaafkan," kata Kishida, berjuang untuk menahan emosinya.


Siapa Pelaku Penembakan Shinzo Abe di Jepang?

Menurut keterangan polisi, tersangka pelaku penembakan terhadap Abe itu diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami, warga Nara berusia 41 tahun.

Menurut laporan media setempat, polisi mengatakan senjata yang diduga digunakan dalam serangan itu adalah buatan sendiri. Sebuah foto menunjukkan dua bagian logam silinder yang tampaknya telah diikat dengan pita hitam tergeletak di jalan dekat tempat kejadian.

Berdasarkan laporan media lokal, tersangka diyakini mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, setara dengan angkatan laut setempat.

Menurut keterangan saksi mata, kala itu Abe sedang memberikan pidato untuk seorang kandidat di kota barat Nara. Saat serangan berlangsung, mereka melihat seorang pria menembak senjata besar dari belakang.

Tembakan pertama sempat meleset, namun tembakan kedua mengenai punggung Abe. Dia langsung tersungkur ke tanah dengan darah di tubuhnya.

Menurut laporan TBS Television, Abe ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher. Petugas keamanan langsung menahan penyerang dan dia tidak berusaha melarikan diri.

Setelah ditembak, penyiar berita lokal NHK mengutip sumber polisi mengatakan Abe "sadar dan responsif" saat diangkut. Polisi telah menyita senjata penyerang dan mengidentifikasinya.


Baca juga artikel terkait SHINZO ABE atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight