Eks Penjaga Gawang I Komang Putra Jadi Pelatih Kiper PSIS

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 Januari 2019
I Komang Putra jadi pelatih kiper PSIS, mendampingi kepala pelatih Jafri Sastra dan asisten pelatih Widyantoro.
tirto.id - Legenda hidup sepak bola Indonesia, I Komang Putra resmi ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS Semarang. IKP--begitu sapaannya--yang semasa berkarier sebagai pesepak bola sempat memperkuat Mahesa Jenar dalam periode panjang bakal menggenapi susunan legenda PSIS dalam struktur kepelatihan.

IKP menyusul jejak Widyantoro--eks pemain PSIS pula--yang telah ditunjuk sebagai asisten pelatih PSIS pada Senin (14/1/2019). Kedua nama tersebut bakal bahu membahu membantu eks pemain PSIS lain, Jafri Sastra yang telah menjabat sebagai kepala pelatih sejak paruh kedua musim 2018.

"Siang ini sudah deal bersama PSIS. Latihan nanti tanggal 21 persiapan di Piala Indonesia," ujar IKP seperti dilansir Goal.


Sebelumnya, jabatan pelatih kiper PSIS ditempati oleh pria berkebangsaan Australia, Andrew Keith Petterson. Kontrak Andrew yang berakhir penghujung 2018 kemudian tidak diperpanjang oleh manajemen Mahesa Jenar.

IKP menerima tawaran dari CEO PSIS, Yoyok Sukawi yang sejak awal berencana mengumpulkan legenda PSIS dalam tim kepelatihan musim 2019. Ia yakin, dengan pengalaman yang dimilikinya, IKP bisa membantu PSIS meningkatkan performa pada musim 2019.

"PSIS membutuhkan pelatih kiper berpengalaman timnas untuk dipadukan dengan ilmu kepelatihan penjaga gawang modern. Komang adalah sosok yang tepat, apalagi Komang pernah bertahun-tahun menjadi andalan PSIS," kata Yoyok.

Saat ini, PSIS sendiri punya sejumlah penjaga gawang potensial. Mulai dari pemain veteran Jandia Eka Putra, eks kiper Arema FC Joko Ribowo, hingga nama yang masih terbilang hijauh, Aji Bayu Putra.

Musim kompetisi 2018, Mahesa Jenar yang sempat terseok-seok di awal musim akhirnya mampu finis di papan tengah. PSIS duduk di urutan 10 dengan 46 poin, hasil 13 kemenangan, tujuh kali imbang, dan 14 kekalahan.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan