Eks Menteri ESDM Sudirman Said Jadi Komisaris Utama Transjakarta

Reporter: Riyan Setiawan - 18 Mar 2022 16:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sudirman Said menggantikan Jaswandi yang telah menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Agustus 2019.
tirto.id - Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta mengangkat Sudirman Said sebagai Komisaris Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sudirman Said menggantikan Jaswandi yang telah menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Agustus 2019.

Penunjukan ini berdasarkan Keputusan Para Pemegang Saham (KPPS) pada Rapat Umum Pegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Pada RUPS, Beni Edmunandar selaku komisaris PT Transportasi Jakarta juga melepas masa jabatannya. Beni Edmunandar bergabung dengan Transjakarta sejak Agustus 2019 lalu.

“Pak Jaswandi dan Pak Beni merupakan sosok hebat dibalik perkembangan Transjakarta. Kami selaku Insan
Transjakarta mengucapkan rasa terimakasih kepada beliau yang telah berkontribusi membawa banyak perubahan, tidak hanya bagi layanan tetapi juga perusahaan,” ujar Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Angelina Betris di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Dengan kehadiran Sudirman Said, kata Betris, diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih baik pada organisasi Transjakarta.

Selain itu, bisa melanjutkan perjuangan Jaswandi dan Beni untuk membawa Transjakarta menjadi moda transportasi BRT yang memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat.

“Kami percaya pak Sudirman Said akan membawa perubahan yang lebih besar serta akan membawa Transjakarta melaju lebih baik lagi. Selamat datang dan selamat bertugas,” ucapnya.

Sudirman Said diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Kerja periode 2014-2016. Masa jabatannya kala itu berbarengan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Keduanya terkena perombakan kabinet (reshuffle) pada Juli 2016.

Sebelum menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pindad (Persero) sejak 2014.

Sudirman Said pernah maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 lalu. Ia saat itu maju sebagai calon gubernur didampingi Ida Fauziyah, namun kalah dari petahana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pada Pemilihan Presiden 2019, Sudirman Said masuk dalam jajaran tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Saat ini, Sudirman Said tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI). Ia dilantik Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pada Januari 2020.


Baca juga artikel terkait SUDIRMAN SAID atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto

DarkLight