Eiger Raih Implementasi Konten Marketing Terbaik Versi CMA 2018

Oleh: Maya Saputri - 12 April 2018
Dibaca Normal 2 menit
Eiger terpilih sebagai pemenang "Content Marketing Implementation of The Year" versi ICMA 2018.
tirto.id - Brand perlengkapan aktivitas luar ruang Eiger memperoleh penghargaan “Content Marketing Implementation of The Year” di ajang Indonesia Content Marketing Award (ICMA) 2018.

Salah satu alasan juri memilih Eiger karena keseriusannya dalam mengimplementasikan strategi content marketing dari konten yang diciptakan.

“Konten milik Eiger yang lebih dari sekadar product content ditempatkan baik di website (eigeradventure.com) maupun akun media sosial miliknya. Semua konten – tekstual maupun visual - terintegrasi serta sukses menggaet perhatian audiens yang disasar,” seperti dikutip dari rilis Grid Story Factory kepada Tirto, Kamis (12/4/2018).

Tahun ini ICMA menggelar dua jenis penghargaan yakni untuk “Kategori Industri” dengan 12 cabang industri dan “Special Award”. Untuk penghargaan kedua ini bagi usaha brand dalam pendayagunaan platform yang bukan hanya online namun juga cetak.

Ajang penghargaan Indonesia Content Marketing Awards (ICMA) 2018 telah usai digelar pada Rabu 11 April 2018. Acara yang diselenggarakan oleh Grid Story Factory dan Grid Voice di Ballroom Djakarta Theater ini menjadi pusat perhatian berbagai kalangan bisnis.

Penilaian dimulai dari seleksi terhadap 3.597 brand yang memiliki owned media berupa website, media sosial, maupun in-house magazine. Aspek yang dinilai cukup komprehensif, mulai dari performa engagement, kualitas konten, dan estetika visual baik di website maupun media sosial yang saat ini dikelola. Untuk penilaian in-house magazine terdapat perbedaan aspek penilaian yang meliputi kualitas desain visual, kualitas cover, dan kualitas konten halaman isi.

Brand yang terpilih memperoleh penghargaan telah melalui seleksi penilaian ketat dewan juri antara lain Sapto Anggoro (CEO Tirto.id), Dennis Adhiswara (CEO Layaria Network), Borrys Hasian (Design Lead Grab Southeast Asia), Abang Edwin SA (Business Director Bubu.com), Wisnu Nugroho (Editor in Chief Kompas.com), dan Eddy Suhardy (ICMA Head Judge).

“Skor-nya sangat ketat. Boleh dibilang, semua brand atau institusi yang masuk dalam daftar nominee adalah yang sudah sangat baik menjalankan strategi konten terutama di berbagai media dalam pengelolaan brand,” ujar Eddy Suhardy.

Tak kurang dari 350 perwakilan pelaku pemasaran dari beragam industri hadir dalam penganugerahan ICMA 2018 ini. Perhelatan dibuka oleh CEO Group of Media – Kompas Gramedia, Andy Budiman serta Junior Respati Eko Putro selaku Chairman ICMA 2018.

Head of Strategy Grid Story Factory Dani Satrio dan Grid Voice Reiza Maspaitella memaparkan hasil riset yang mengonfirmasi perubahan perilaku audiens dengan antisipasi dari brand.

Adapun Daftar Pemenang ICMA Tahun 2018 meliputi untuk kategori “Industri” dalam pengkategorian “Food” Royco pemenang pertama, “Beverages” Pocari menjadi pemenangnya, untuk “Household” dimenangkan oleh Attack dan kategori Retail diraih oleh IKEA.

Selain itu, untuk kategori Apparel diraih Eiger, untuk Otomotif Mitsubishi Motors, jenis “Automotive Supporting” diraih Castrol Oil, “Personal Care” pemenang pertama Softex dan kategori “Finance” Jenius raih pemenang ke-1. Untuk “Office Equipment, IT, Telecommunication” diraih Telkomsel, industril diraih “Dulux” dan kategori “Government” Kementerian Keuangan RI jadi juara pertamanya.

Untuk Special Awards diraih:

The Best Corporate Website: Sahabat Nestle
The Best Use of Brand Website: Bebelac
The Best Use of Facebook: Kapal Api
The Best Use of Instagram: Samsung
The Best Use of Youtube: Daihatsu
The Best In-house Magazine:
Private Sector:
 Silver – Siloam Hospital - 1st Winner
 Beranda – Intiland – 2nd Winner
 Prioritas – BCA Prioritas – 3rd Winner
State Owned Enteprise/BUMN:
 Colours – Garuda Indonesia – 1st Winner
 Energia – Pertamina Drilling Services Indonesia – 2nd Winner
 Brita Kita – Bank BRI – 3rd Winner
Government Institution:
 Fokus – Bank Indonesia – 1st Winner
 Intax – Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI – 2nd Winner
 Jendela – Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI – 3rd Winner

Baca juga artikel terkait ICMA 2018 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Marketing)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight