Advertorial

Eh, Tau Gak Ketombe Menyerang Nyaris Setengah Populasi Manusia?

Oleh: Advertorial - 22 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu cara paling mudah mengatasi ketombe adalah memakai sampo dengan kandungan Selenium Sulfide 1%.
tirto.id - Menurut para peneliti yang menulis paper “Dandruff: The Most Commercially Exploited Skin Disease” (2010), masalah ketombe ini menimpa orang-orang sejak masa pra-puber, tidak peduli gender ataupun etnis. Menurut penelitian inti, tidak ada orang yang dalam satu masa hidupnya tidak terpengaruh ketombe.

Pada dasarnya, ketombe bisa diartikan sebagai serpihan kulit kepala yang kering, berwarna putih keabu-abuan, dan bisa rontok. Karena warnanya yang putih dan sifatnya yang rontok, banyak orang bercanda bahwa ketombe itu mirip seperti salju. Namun tentu saja rontoknya ketombe tidak bikin dingin, yang ada malah bikin malu.

Ada banyak penyebab munculnya ketombe. Salah satu yang paling sering adalah dermatitis seboroik, alias penyakit yang bikin kulit kepala memerah dan berminyak. Jika sudah begitu, akan bermunculan koloni-koloni kulit kering berwarna putih kekuningan. Tempat yang paling sering diserang oleh penyakit ini adalah yang mengandung kelenjar minyak, seperti kepala, alis, belakang telinga, hingga selangkangan.

Selain karena penyakit, ketombe bisa muncul karena kulit kering; juga kulit yang jadi sensitif karena kepala tidak cocok dengan produk perawatan rambut seperti sampo atau minyak rambut; ataupun karena jamur. Tentu saja penyebab paling umum munculnya ketombe adalah malas mencuci rambut. Kemalasan seperti ini yang bisa membawa sel kulit mati jadi menumpuk di kulit kepala dan jamur jadi mudah berkembang biak.

Sering juga orang punya ketombe karena keabaian dalam memperlakukan kulit kepala. Coba kamu periksa, seberapa sering kamu berbagi handuk, sisir, atau helm dengan orang lain? Perilaku seperti ini juga bisa menyebabkan ketombe, lho.




Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe?

Ada banyak cara. Salah satu cara paling mudah adalah memakai sampo dengan kandungan Selenium Sulfide 1%, yang 2,8 kali lebih efektif ketimbang sampo anti ketombe lain yang mengandung Zinc PtO 1%. Selain itu, sampo dengan kandungan Selenium Sulfide juga ampuh mengurangi Jamur Malassezia yang bisa menyebabkan ketombe. Sampo dengan kandungan Zinc PtO tinggi juga dianggap ampuh mengurangi ketombe.

Selsun Yellow Double Impact, memadukan Selenium Sulfide 1% dan Zinc PtO 1% yang berguna melawan ketombe, mengurangi gatal-gatal di kulit kepala, dan sangat cocok untuk rambut normal cenderung kering.

Maka kalau kulit kepalamu sudah terasa kering, gatal-gatal, bersisik, dan menjatuhkan bulir-bulir putih, maka itu saatnya kamu bertindak. Pastikan selalu ada Selsun yang sedia membantumu melawan ketombe yang bikin kamu tak pede. []
DarkLight