Advertorial

Eh, Tau Gak Cara Cepat Mengatasi Gangguan Mata Ringan?

Oleh: Advertorial - 29 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tahukah kamu, 7 dari 10 orang mengalami gangguan mata merah, dan 2 dari 5 orang mengalami gangguan mata kering dan pedih.
tirto.id - Eh, tau gak kalau mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terganggu?

Mata memang organ yang rapuh, maka tak heran kalau 7 dari 10 orang mengalami gangguan mata merah, dan 2 dari 5 orang mengalami gangguan mata kering dan pedih. Ada berbagai jenis gangguan yang bisa terjadi pada mata. Mulai dari mata kering, iritasi, hingga alergi. Karena mata adalah organ penting bagi manusia, maka kita harus sesegera mungkin mencari cara mengatasi gangguan mata.

Mengapa gangguan mata bisa terjadi? Jawabannya bisa beragam.

Jika mata bengkak karena alergi, biasanya ini terjadi karena serbuk bunga, atau karena dander dari binatang peliharaan. Sedangkan iritasi bisa terjadi karena asap kendaraan, asap rokok, hingga air kolam renang.

Kalau mata kering, disebabkan karena kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan untuk melumasi mata. Kalau mata kering, mata bisa terasa perih, panas, berpasir, pandangan buram, hingga mata terasa pegal. Mata kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor usia, lingkungan, aktivitas menatap layar yang terlalu lama, hingga penggunaan obat tertentu.

Selain itu, mengendarai motor bisa bikin mata dehidrasi, bahkan ketika sudah memakai kacamata hitam atau pelindung wajah sekalipun. Hal ini disebabkan debu, polusi udara, asap, juga radiasi matahari yang bisa membuat kelembapan air mata menguap dengan terlalu cepat. Terpaan angin dan kurangnya asupan air juga bisa bikin mata jadi kering.

Sayangnya, banyak orang tidak tahu bagaimana cara untuk mengatasi gangguan mata ringan ini. Seringkali orang mengucek mata, membuat gangguan mata jadi lebih parah. Bahkan Irene Kuo dari Wilmer Eye Institute, Johns Hopkins Medicine, memperingatkan bahwa mengucek mata secara konstan bisa menyebabkan gangguan pada bagian atas lapisan kornea. Kalau itu terjadi, mata akan jadi lebih sakit dan bisa menyebabkan infeksi.

Ada berbagai cara mudah untuk mengatasi gangguan mata ringan. Mulai dari mengompres mata dengan air dingin, hingga memakai apa yang disebut sebagai “…artificial tears”, yang berfungsi memberi cairan untuk mata hingga mata jadi lembap kembali.

Rohto V-Extra adalah tetes mata multi fungsi yang bisa meredakan mata merah karena iritasi ringan, dan mengurangi keadaan mata kering. Tetes mata ini mengandung vitamin B6 dan vitamin E, juga mengandung borneol yang bisa membuat mata jadi nyaman. Zat aktif tetrahidrozolin HCI (0,05%) bisa mengatasi mata merah, dan macrogol 400 (1%) membuat mata jadi kembali lembap. Dengan sensasi l-menthol, menghadirkan sensasi dingin yang lebih awet dan mata terasa lebih dingin.

Rohto V-Extra adalah pertolongan pertama yang memudahkan kita merawat mata. []
DarkLight